Wednesday 19 March 2014




A.           MATERI YANG DIPELAJARI HARI ITU

Pertemuan pada hari Rabu 07 Desember 2011 merupakan pertemuan ke 10 yang membahas materi tentang Tumbuhan, Nutrisi serta Organ Tumbuhan. Disini saya akan memaparkan materi yang dipelajari tersebut.

A.   Tumbuhan
Tumbuhan sebagai suatu organisasi kehidupan tersusun atas jutaan sel yang membentuk jaringan. Ciri khas tumbuhan yang mudah dikenali pada tumbuhan adalah warna hijau yang dominan akibat kandungan pigmen klorofil yang berperan vital dalam proses penangkapan energi melalui fotosintesis. Dengan demikian, tumbuhan secara umum bersifat autotrof yaitu dapat menghasilkan makanannya sendiri. Untuk menghasilkan makanan tumbuhan melakukan proses fotosintesis dan untuk mengeluarkan hasilnya tumbuhan melakukan proses respirasi
Proses Fotosintesis : 6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2
Proses Respirasi :  C6H12O6 (glukosa) + 6O2  → 6CO2 + 6H2O + ATP
Berikut adalah beberapa faktor utama yang menentukan laju fotosintesi :
  1. Intensitas cahaya (Laju fotosintesis maksimum ketika banyak cahaya).
  2. Konsentrasi karbon dioksida (Semakin banyak karbon dioksida di udara, makin banyak jumlah bahan yang dapat digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis).
  3. Suhu (Enzim-enzim yang bekerja dalam proses fotosintesis hanya dapat bekerja pada suhu optimalnya. Umumnya laju fotosintensis meningkat seiring dengan meningkatnya suhu hingga batas toleransi enzim).
  4. Kadar air (Kekurangan air atau kekeringan menyebabkan stomata menutup, menghambat penyerapan karbon dioksida sehingga mengurangi laju fotosintesis).
Nutrien diperlukan oleh tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan. Nutrien yang diperoleh tumbuhan akan disimpan pada tubuh tumbuhan. Sebagian besar tubuh tumbuhan terdiri dari tiga unsur yaitu karbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (O).
Tumbuhan tidak bisa hidup hanya dengan ketiga unsur itu saja, diperlukan unsur-unsur lain untuk menunjang kehidupannya.
Ada dua jenis nutrien yang diperlukan tumbuhan yaitu:
  1. Makro Nutrien: Karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), Fosfor (P), Kalium (K), Nitrogen (N), Sulfur (S), Kalsium (Ca), dan Magnesium (Mg).
  2. Mikro Nutrien: Besi (Fe), Boron (B), Mangan (Mn), Molibdenum (Mo), Seng (Zn), Tembaga (Cu) dan Klor (Cl).

B.   Jaringan Tumbuhan
Jaringan adalah kumpulan sel yang mempunyai struktur dan fungsi sama. Jaringan tumbuhan dibedakan menjadi 2 kelompok besar, yaitu sebagai berikut.

a.       Jaringan meristem disebut juga jaringan muda adalah jaringan yang sel-selnya aktif membelah (bersifat embrional) dan belum mengalami diferensiasi, terdapat di ujung akar, ujung batang, dan kambium pada tumbuhan dikotil. Berdasarkan letaknya, meristem dibedakan menjadi tiga sebagai berikut.
§  Meristem lateral (samping), terletak sejajar dengan permukaan organ tempat ditemukannya, misalnya di kambium dan kambium gabus (felogen).
§  Meristem interkalar (antara), terdapat di antara jaringan dewasa misalnya pada pangkal ruas batang.
§  Meristem apikal (ujung), terdapat di ujung batang dan di ujung akar.

Berdasarkan asal terbentuknya,jaringa meristem dikelompokkan menjadi dua sebagai berikut.
§  Meristem primer, sel-selnya merupakan perkembangan langsung dari sel-sel embrional. Misalnya kuncup, ujung batang, ujung akar.
§  Meristem sekunder, berasal dari jaringan dewasa yang telah mengalami diferensiasi. Misalnya kambium dan kambium gabus.

b.      Jaringan dewasa atau permanen adalah jaringan yang telah mengalami diferensiasi dan tidak bersifat meristematik lagi. Jaringan dewasa dibedakan menjadi beberapa macam sebagai berikut.
1.      Jaringan Pelindung (Jaringan Epidermis), merupakan jaringan yang terdapat pada permukaan seluruh bagian tubuh tumbuhan. Berfungsi untuk melindungi jaringan di sebelah dalamnya.

2.      Jaringan Dasar (Jaringan Parenkim), merupakan jaringan yang terdapat hampir di semua bagian tubuh-tumbuhan dan mengisi jaringan tumbuhan. Berfungsi sebagai penghasil dan penyimpan cadangan makanan.

3.      Jaringan Penyokong (Jaringan Kolenkim dan Sklerenkim), merupakan jaringan yang menguatkan tumbuhan. Berdasarkan bentuk dan sifatnya, jaringan penyokong dibedakan sebagai berikut.
a.       Jaringan Kolenkim
Terdapat pada tumbuhan muda, terdiri dari sel-sel yang hidup dengan dinding sel dari selulosa. Berfungsi sebagai penguat atau penunjang tubuh tumbuhan karena dinding selnya telah mengalami penebalan.
b.      Jaringan Sklerenkim
Terdapat pada tumbuhan yang sudah berkayu, sel-selnya mati dengan dinding sel dari zat lignin. Berfungsi sebagai alat penyokong atau penguat bagian tertentu dari tumbuhan.

4.      Jaringan Pengangkut (Xilem dan Floem), merupakan jaringan yang berfungsi mengangkut zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Jaringan pengangkut pada tumbuhan tingkat tinggi terdiri dari xilem dan floem.
a.       Xilem ( Pembuluh Kayu ) berfungsi mengangkut air, garam-garam mineral dan unsur hara dari akar menuju ke daun.
b.      Floem ( Pembuluh Tapis/Pembuluh Kulit Kayu ) berfungsi untuk mengangkut dan mengedarkan hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tubuh tumbuhan.
Tipe-tipe berkas pengangkut berdasarkan posisi atau letak xilem dan floem, yaitu sebagai berikut.
1.      Tipe Kolateral, apabila xilem dan floem terletak berdampingan. Floem berada di bagian luar dari xilem. Ada dua tipe kolateral, yaitu :
1.      Kolateral terbuka, apabila antara xilem dan floem terdapat kambium. Dijumpai pada tumbuhan dikotil.
2.      Kolateral tertutup, apabila antara xilem dan floem tidak dijumpai kambium. Dijumpai pada tumbuhan monokotil.
2.      Tipe Konsentris, apabila xilem dikelilingi floem atau sebaliknya.
3.      Tipe Radia, apabila xilem dan floem letaknya bergantian menurut jari-jari lingkaran.

5.      Jaringan Gabus, merupakan jaringan pelindung yang dibentuk secara sekunder, menggantikan epidermis batang dan akar yang telah menebal akibat pertumbuhan sekunder. Berfungsi sebagai pelindung tumbuhan dari kehilangan air.

C.   Organ Tumbuhan
Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang secara bersama-sama melakukan tugas tertentu. Organ tumbuhan terdiri dari.
a.       Akar berfungsi menyerap air dan garam mineral dari tanah serta melekatkan dan menyokong tegaknya tubuh tanaman. Struktur anatomi akar terdiri atas :
- Epidermis
- Korteks
- Endodermis
- Stele
b.      Batang berfungsi sebagai tempat melekatnya daun, bunga, buah, sebagai tempat penimbunan makanan, dan sarana lintasan air, mineral, dan makanan. Struktur batang dikotil : Epidermis, Korteks, Stele. Struktur batang monokotil : Epidermis, Korteks, Stele.
c.       Daun berfungsi untuk melakukan proses fotosintesis dan tempat respirasi (pertukaran oksigen dan karbondioksida).
d.      Bunga berfungsi sebagai alat reproduksi
e.       Biji merupakan calon individu baru

B.           BAGIAN MATERI YANG DISENANGI

Materi yang paling saya senangi waktu materi perkuliah Tumbuhan, Nutrisi serta Organ Tumbuhan adalah mengenai organ tumbuhan dimana organ tumbuhan ini berperan penting dalam proses pembuatan makanan atau energi yang dibutuhkan oleh manusia.

C.           BAGIAN MATERI YANG TERSULIT

Bagian tersulit ini merupakan materi yang saya belum mengerti yaitu :
1.      Apakah tumbuhan dapat berfotosintesis jika sinar matahari atau CO2 atau air tidak ada atau tidak tersedia ?
2.      Seandainya akar tumbuhan merayap di darat dari manakah tumbuhan itu mendapatkan air ?

D.           SIMPULAN
Tumbuhan tidak makan langsung seperti yang dilakuan hewan dan manusia. Tumbuhan menyerap bahan baku berupa air tanah, mineral melalui akar dan karbon dioksida melalui daun. Secara umum tumbuhan bersifat autotrof yaitu dapat menghasilkan makanannya sendiri. Jaringan pada tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa. Jaringan meristem terdiri atas sekelompok sel yang tetap dalam fase pertumbuhan dan terus-menerus membelah. Jaringan dewasa adalah jaringan yang sudah berhenti membelah. Tumbuhan memiliki organ utama yaitu akar, batang, dan daun. Serta kita dapat mengetahui betapa pentingnya tumbuhan bagi kelangsungan hidup manusia dan hewan karena dari tumbuhanlah dibentuk energi dan makanan yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan.

0 comments:

Post a Comment