Saturday, 8 November 2014


BAB I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Bali adalah salah satu bagian dari suku bangsa di Indonesia, Bali memiliki karakteristik seni dan budaya yang menarik. Oleh karena itu Bali tetap menarik bagi wisatawan mancanegara untuk dikunjungi untuk melihat kepaduan estetika budaya yang diilhami oleh sebuah frame (bingkai) Hinduisme. Berdasarkan hal tersebut Bali terkenal dengan berbagai julukan seperti Pulau Surga, Pulau Religius, Pulau seribu pura, Pulau Pariwisata dan lain sebagainya. Berbicara mengenai pariwisata di Bali, sudah beberpa tempat di Bali dijadikan warisan Budaya dunia oleh UNESCO, dan salah satunya adalah sawah berteras milik subak. Dimana di Lanskap subak terdapat sebuah perpaduan antara pekerjaan alam dan perilaku manusia dan dapat menjadi laboratorium alam yang banyak berisi ilmu pengetahuan yang cocok menjadi model yang tepat dan teruji dalam proses pembelajaran di ruangan maupun luar ruangan di setiap jenjangnya.
Pada dasarnya proses  pembelajaran pada berbagai jenjang pendidikan di tanah air cendrung masih berlangsung secara konvensional yang didominasi oleh guru tanpa melibatkan siswa. Hal ini dapat menjadikan siswa pasif.
Dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti laptop dengan jaringan internet menyebabkan siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktu untuk internetan, seperti  Facebook, Chating, Twitter yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini yang menyebabkan siswa  kurang memiliki penalaran dalam belajar, dari kenyataan diatas tentu jauh dari sasaran kurikulum 2013.
Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran baru yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Dengan menggunakan model ini akan memberikan pengaruh posititif terhadap perilaku sosial atau berkelompok siswa sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama. Dengan merancang media pembelajaran yang inovatif yang melibatkan siswa dalam pembuatannya akan memotivasi siswa untuk berfikir kritis terhadap suatu permasalahan, serta berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Media pembelajaran yang digunakan yaitu dengan media jurnal lanskap. Jurnal lanskap merupakan kegiatan untuk merekam lanskap dalam bentuk gambar dan kemudian menuliskan narasi untu menjelaskan maksud dan makna dari gambar tersebut. Keunggulan menggunakan media jurnal lanskap yaitu kemampuan berfikir dan kreativitas seni siswa dituangkan di dalamnya. Dimana lanskap Budaya Subak dijadikan sebagai sumber belajar untuk membuat media jurnal lanskap. Sebab subak merupakan warisan kearifan lokal yang harus dilestarikan oleh generasi penerus Bali dimana subak mampu menghilangkan pembatas antara belajar di sekolah dan kehidupan nyata, antara ilmu alam dan ilmu social, antara sains modern san sains tradisional.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam tulisan ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Kurangnya perhatian generasi sekarang terhadap warisan budaya yang dimilikinya.
2.      Lanskap Budaya Subak merupakan salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat Bali yang menjadi warisan budaya dunia yang harus dilestarikan.
3.      Mengenalkan STAD dan jurnal lanskap yang merupakan model dan media pembelajaran  yang baru dikembangkan untuk meningkatkan daya nalar siswa dalam menalar suatu objek.

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk meningkatkan kepedulian generasi sekarang akan warisan budaya yang sudah mendunia yaitu subak yang dimilikinya.
2.      Untuk meningkatkan kepedulian generasi sekarang akan kelestarinya warisan budaya Bali yaitu Lanskap Budaya Subak.
3.      Untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan model dan media pembelajaran STAD dan jurnal lanskap yang baru dikembangkan untuk meningkatkan daya nalar siswa dalam menalar suatu objek.

1.4 Luaran yang diharapkan
Adapun luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebuah hasil pembelajaran yang efektif melalui kolaborasi media pembelajaran STAD yang dapat meningkatkan daya nalar belajar siswa yang baik, serta kegiatan pembelajaran yang efektif dan model pembelajaran jurnal lanskap , yang merupakan  sains art, karena memadukan antara kemampuan berfikir dan kreatifitas seni. Hal tersebut ditunjukkan melalui kemampuan menunjukan pengamatan terhadap obyek tertentu dan kemudian “merekam” dalam bentuk gambar dan  tulisan. Media dan  model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar dan daya nalar belajar siswa yang tinggi untuk mencipkan sains art yang memiliki nilai dan daya tarik yang tinggi. Dan lanskap budaya subak menjadi sumber informasi dan inspirasi dalam mengembangkan sains art nya, sehingga selain mendapatkan ilmupengetahuan secara tidak langsung dapat melestarikan subak sebagai warisan budaya leluhur yang telah diakui oleh dunia.

1.5 Manfaat Penulisan
Adapun manfaat yang ingin dicapai dari penulisan ini adalah :
1.      Bagi Masyarakat sasaran
Diharapkan dapat menggugah kesadaran generasi muda Bali bahwa pentingnya menjaga kelestarian kebudayaan dan adat istiadat Bali terutama lanskap budaya subak.
2.      Bagi Pelaksana
Dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan mengkolaborasikannya dengan media pembelajaran jurnal lanskap dalam proses pembelajaran
3.      Bagi Pemerintah
Dapat membantu sekolah dalam menerapkan kurikulum 2013 dengan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif

BAB  II. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN

Perhatian generasi muda terhadap warisan budaya leluhurnya terutama subak sangat rendah itu dibuktikan dengan minat generasi muda sangat rendah bekerja dalam bidang pertanian. Kesan bekerja sebagai petani yang identik dengan penghasilan yang rendah, suasana kerja yang kotor, dan kurang terdidik mengakibatkan sebagian besar generasi muda Bali menjauhi budidaya bertai padi.
Jika keadaan ini tetap dibiarkan, dapat dipastikan lanskap budaya subak tidak akan berkelanjutan. Konsekuensinya, kita bsa kehilangan identitas budaya sebagai asset berharga bagi generasi masa depan dalam beradaptasi secara lentur terhadap perubahan ekonomi, sosial, ekologi, dan budaya dunia.
Dimana di lanskap budaya subak terdapat sebuah perpaduan antara pekerjaan alam dan perilaku  manusia dan dapat menjadi laboratorium alam yang banyak berisi ilmu pengetahuan yang cocok menjadi model yang tepat dan teruji dalam proses pembelajaran di ruangan maupun di luar ruangan di setiap jenjangnya. Apalagi di wilayah Desa Tampaksiring, dimana di daerah tersebut banyak terdapat objek wisata yang sudah terkenal sampai ke mancanegara, dimana objek wisatanya tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan domestic maupun internasional. Dimana penyangga dari objek wisata itu adalah warisan budaya dunia seperti lahan  pertanian, sumber mata air di beberapa pura dan lain-lain. Disinilah para generasi mudanya harus diedukasi dengan pendidikan yang berdasarkan kearifan loka daerahnya, dimana di lingkungan daerah Desa Tampaksiring terdapat lanskap budaya (dengan subaknya), yang dapat dijadikan sebagai laboratorium alam, yang ditata, dipelihara dan dikembangkan sejak ribuan tahun lalu oleh ratusan generasi petani. Dimana di subak juga menyediakan model, alat, bahan dan contoh sistem pengetahuan untuk berbagai bidang sains maupun non sains. Subak dapat menjadi model yang tepat dan teruji bagi pembelajaran terpadu.
Pada dasarnya proses  pembelajaran pada berbagai jenjang pendidikan di tanah air cendrung masih berlangsung secara konvensional yang didominasi oleh guru tanpa melibatkan siswa. Hal ini dapat menjadikan siswa pasif.
Dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti laptop dengan jaringan internet menyebabkan siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktu di internet dengan aktif di media social saja, seperti  Facebook, Chating, Twitter yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini yang menyebabkan siswa  kurang memiliki penalaran dalam belajar, dari kenyataan diatas tentu jauh dari sasaran kurikulum 2013.
Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran baru yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Dengan menggunakan model ini akan memberikan pengaruh posititif terhadap perilaku sosial atau berkelompok siswa sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama. Dengan merancang media pembelajaran yang inovatif yang melibatkan siswa dalam pembuatannya akan memotivasi siswa untuk berfikir kritis terhadap suatu permasalahan, serta berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Jurnal lanskap merupakan kegiatan untuk merekam lanskap dalam bentuk gambar dan kemudian menuliskan narasi untuk menjelaskan maksud dan makna dari gambar tersebut. Dengan begitu jurnal lanskap juga merupakan sains art, karena memadukan antara kemampuan berfikir dan kreatifitas seni. Hal tersebut ditunjukkan melalui kemampuan menunjukan pengamatan terhadap obyek tertentu dan kemudian “merekam” dalam bentuk gambar dan tulisan. Jurnal lanskap (sebagaimana berbagai jenis sains art yang lain), bisa diintegrasikan dengan berbagai bidang studi.

BAB III. METODE PELAKSANAAN
1. Metode Ceramah dan Diskusi
Kegiatan PKM-M ini diawali dengan memberikan ceramah dan penyuluhan kepada siswa-siswi di SDN 6 Tampaksiring. Para siswa-siswi  ini dikumpulkan pada suatu ruangan dengan tim pelaksana untuk memberikan ceramah tentang materi kegiatan. Adapun materi yang diberikan terkait dengan pengertian model pembelajaran STAD,  media pembelajaran jurnal lanskap serta apa itu Lanskap Budaya Subak. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan secara teoritis kepada siswa-siswi SDN 6 Tampaksiring tentang materi kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan metode Diskusi untuk memperdalam pemahaman responden tentang model pembelajaran STAD,  media pembelajaran jurnal lanskap Lanskap Budaya Subak Pada saat pelaksanaan kegiatan ini lebih banyak ditampilkan gambar dan penjelasan-penjelasan mengenai model pembelajaran STAD,  media pembelajaran jurnal lanskap serta Lanskap Budaya Subak dengan harapan responden dapat lebih cepat memahami.

2. Metode Demonstrasi dan Pelatihan
Kegiatan demonstrasi dan pelatihan merupakan kegiatan lanjutan yang dilakukan oleh pelaksana PKM-M terhadap kegiatan ceramah dan diskusi yang telah dilakukan. Kegiatan ini dilaksakan dengan mendemontrasikan cara pembuatan media pembelajaran jurnal lanskap dengan memadukannya dengan model pembelajaran STAD dengan memanfaatkan Lanskap Budaya Subak sebagai sumber inspirasi dari seluruh kegiatan. Selanjutnya siswa-siswi langsung menggambar sesuai dengan yang diketahui tentang lanskap budaya subak, setelah itu dia baru diajak ke lokasi yang telah ditentukan untuk kembali menggambar objek yang diamati setelah mereka melihatnya langsung.

BAB IV. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Anggaran Biaya Program

Tabel 4.1 Format Ringkasan Anggaran Biaya PKM-M

No.
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1
Peralatan penunjang (25%).

1)      Sewa Kamera Digital
200.000,00
2)      Sewa LCD dan Layar
1.000.000,00
3)      Sewa Wereless
250.000,00
4)      Sewa Ruang Pelatihan
1.000.000,00
5)      Dana Kebersihan Ruang Pelatihan
100.000,00
6)      Dana Internet + Listrik
200.000,00
Total (1)
2.750.000,00
2
Bahan habis pakai (40%).

1)      ATK (Kertas, Buku Gambar Sketbook, Pensil Warna, Pulpen, Penghapus,Papan Belajar), Desain model Jurnal Lanskap dan fotocopy materi
1.024.000,00
2)      Konsumsi program kegiatan  untuk 36 orang
2.220.000,00
Total (2)
3.244.000,00
3
Perjalanan (25%).

1)      Survey lokasi ke SDN 6 Tampaksiring (3 kali)
300.000,00
2)      Transportasi Pelatihan dan Pemantauan (6 kali)
600.000,00
3)      Transportasi peserta (36 orang)
1.080.000,00
4)      Transportasi pendamping (4 orang)
1.000.000,00
Total (3)
2.980.000,00
4
Lain-lain: administrasi, publikasi, seminar, laporan, lainnya sebutkan (Maks. 10%)

1)        Administrasi
200.000,00
2)        Biaya Komunikasi (pulsa)
200.000,00
3)        Pembuatan Laporan (Draft)
200.000,00
4)        Biaya Monev
200.000,00
5)        Pengiriman laporan akhir
100.000,00
6)        Biaya tak terduga
200.000,00
Total (4)
1.173.000,00
Jumlah
10.174.000,00


4.2 Jadwal Kegiatan Program

No
Jenis kegiatan
Waktu Kegiatan
(Bulan)
1
2
3
1
Observasi dan penentuan Lokasi PKM-M



2
Pengajuan Proposal PKM-M



3
Persiapan alat dan Bahan



4
Memperkenalkan berbagai macam dan bahan-bahan untuk membuat jejahitan



5
Demonstrasi pembuatan membuat jejahitan multi bahan



6
Pendampingan selama program



7
Penulisan draf laporan Akhir



8
Pengiriman Laporan akhir ke Dikti





DAFTAR PUSTAKA
Kaler Surata, Sang Putu (2013).  Lanskap Budaya Subak. Universitas Maharasaswati Press.Denpasar
http://id.wikipedia.org/wiki/Lanskap_kultur_Provinsi_Bali diakses 27 agustus 2014
http://ekowisata.org/tri-hita-karana-falsafah-dibalik-penetapan-lanskap-subak-bali-sebagai-warisan-dunia-unesco/ diakses 27 agustus 2014
http://ekuatorial.com/food-agriculture/subak-bali-diambang-kehancuran-2 diakses 28 Agustus 2014
http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.com/2012/08/student-team-achievement-division-stad_3721.html diakses 27 Agustus 2014



LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1
Biodata Ketua
a. Identitas Diri
a. Nama Lengkap
b. Jenis Kelamin
c. Jurusan
c. NIM
d. Tempat dan Tanggal Lahir
e. Alamat dan No Tlp/HP

f. Alamat email
:
:
:
:
:
:

:
I Wayan Agus Permadi
Laki-Laki
Pendidikan Biologi
11.8.03.51.30.2.5.0947
Kekeran, 15 Desember 1992
Jalan Pulau Seram Gang I No.11 Denpasar                /085338430514
Wayan_agus15@yahoo.co.id

b. Riwayat Diri
Keterangan
SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 1 Abang
SMPN 2 Amlapura
SMAN 1 Amlapura
Jurusan
-
-
IPA
Tahun-Masuk Lulusan
1999-2005
2005-2008
2008-2011

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata tidak dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu peryaratan dalam pengajuan Hibah PKM Pengabdian Kepada Masyarakat.

Denpasar, 27 Agustus 2014
Pengusul


( I Wayan Agus Permadi )
NIM. 11.8.03.51.30.2.5.0947

Biodata Anggota 1

a. Identitas Diri
a. Nama Lengkap
b. Jenis Kelamin
c. Jurusan
c. NIM
d. Tempat dan Tanggal Lahir
e. Alamat dan No Tlp/HP

f. Alamat email
:
:
:
:
:
:

:
I Gede Bagus Herman Sanjaya
Laki-Laki
Pendidikan Bahasa Inggris
11.8.03.51.31.2.5.4330
Denpasar, 06 Maret 1993
Br. Aseman Kangin, Tibubeneng, Kuta Utara/081999203363
gedebagusherman@yahoo.com

b. Riwayat Diri
Keterangan
SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 1 Tibubeneng
SMP Pancasila Canggu
SMA Ngurah Rai Kerobokan
Jurusan
-
-
IPA
Tahun-Masuk Lulusan
1999-2005
2005-2008
2008-2011

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hokum. Apabila dikemudian hari ternyata tidak dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu peryaratan dalam pengajuan Hibah PKM Pengabdian Kepada Masyarakat.

Denpasar, 27 Agustus 2014
Pengusul


(I Gede Bagus Herman Sanjaya)
NIM. 11.8.03.51.31.2.5.4330


Biodata Anggota 2

a. Identitas Diri
a. Nama Lengkap
b. Jenis Kelamin
c. Jurusan
c. NIM
d. Tempat dan Tanggal Lahir
e. Alamat dan No Tlp/HP

f. Alamat email
:
:
:
:
:
:

:
I Kadek Muliawan
Laki-Laki
Pendidikan Bahasa Inggris
11.8.03.51.31.2.5.4321
Siladumi, 16 agustus 1990
Br. Dinas Siladumi, Pering Sari Selat/081916318380
muliawanjus@yahoo.co.id

b. Riwayat Diri
Keterangan
SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 1 Selat
SMP 1 Selat
SMA 1 Selat
Jurusan
-
-
IPA
Tahun-Masuk Lulusan
1999-2005
2005-2008
2008-2011

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata tidak dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu peryaratan dalam pengajuan Hibah PKM Pengabdian Kepada Masyarakat.

Denpasar, 27 Agustus 2014
Pengusul


(I Kadek Muliawan)
NIM. 11.8.03.51.31.2.5.4321


Biodata Anggota 3

a. Identitas Diri
a. Nama Lengkap
b. Jenis Kelamin
c. Jurusan
c. NIM
d. Tempat dan Tanggal Lahir
e. Alamat dan No Tlp/HP

f. Alamat email
:
:
:
:
:
:

:
I Made Purna Wintara
Laki-Laki
Pendidikan Bahasa Inggris
11.8.03.51.31.2.5.4322
Denpasar, 30 November 1993
Jln. Trenggana No.86 Penatih, Dentim /085739172915
Purna_wintara@yahoo.com

b. Riwayat Diri
Keterangan
SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN 1 Penatih
SMP Widya Bakti Penatih
SMKN 5 Denpasar
Jurusan
-
-
Multimedia
Tahun-Masuk Lulusan
1999-2005
2005-2008
2008-2011

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata tidak dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu peryaratan dalam pengajuan Hibah PKM Pengabdian Kepada Masyarakat.

Denpasar, 27 Agustus 2014
Pengusul


(I Made Purna Wintara)
NIM. 11.8.03.51.31.2.5.4322

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan
1.      Peralatan Penunjang

Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
Sewa kamera digital
Dokumentasi
2 buah
100.000,00
200.000,00
Sewa LCD dan Layar
Pelatihan
2 buah
500.000,00
1.000.000,00
Sewa Wereless
Pelatihan
2 buah
150.000,00
250.000,00
Sewa Ruang Pelatihan
Pelatihan
1 unit
1.000.000,00
1.000.000,00
Dana Kebersihan Ruang Pelatihan
Pelatihan

100.000
100.000
Dana Internet + Listrik
Pengumpulan data

200.000,00
200.000,00
                                                               SUB TOTAL (Rp)
2.750.000,00

2.      Bahan Habis Pakai

Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
ATK




a.       Kertas HVS A4 70 g
Pelatihan
4 rim
35.000,00
140.000,00
b.      Buku Gambar Sketbook
Pelatihan
5 buah
40.000,00
200.000,00
c.   Pensil warna,
Pelatihan
36 pcs
10.000,00
360.000,00
d.   Pulpen
Pelatihan
36 pcs
2.000
72.000,00
e.   Penghapus
Pelatihan
36 buah
1.000
36.000,00
f.      Papan belajar
Pelatihan
36 buah
5.000
180.000,00
g.     Penggaris
Pelatihan
36 buah
1.000
36.000,00
                                                                                           Total
1.024.000,00
Model desain (contoh desain/model)
a.       Desain model Jurnal Lanskap
b.      Fotokopi materi

36 buah

36 buah
2.000,00

5.000,00
72.000,00



180.000,00
Konsumsi program kegiatan  untuk 36 orang


a.       Snack

b.      Air mineral

c.       Nasi


216 bungkus
12 dus
216 bungkus
3.000,00

20.000,00
5.000,00
648.000,00


240.000,00

1.080.000,00

                                                                                           Total
2.220.000,00

                                                               SUB TOTAL (Rp)
3.244.000,00

3.      Perjalanan

Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
Survey lokasi SDN 6 Tampaksiring
Survey lapangan
3 kali
100.000,00
300.000,00
Transportasi Pelatihan dan Pemantauan
transportasi
6 kali
100.000,00
600.000,00
Transportasi peserta Siswa SD
transportasi
36 peserta
30.000,00
1.080.000,00
Transportasi pendamping Siswa SD
transportasi
 1 tim
1.000.000,00
1.000.000,00
SUB TOTAL (Rp)
2.980.000,00

4.      Lain-lain

Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
Administrasi
Pelaksanaan dan pelaporan
6 kali
50.000,00
300.000,00
Biaya Komunikasi (pulsa)
Pelaksanaan dan pelaporan
6 kali
33.000,00
198.000,00
Pembuatan Laporan (Draft)
Pelaporan hasil
Seluruh kegiatan
200.000,00
200.000,00
Biaya Monev
Dikti
1 kali
200.000,00
200.000,00
Pengiriman laporan akhir
Dikti
1 kali
100.000,00
75.000,00
Biaya tak terduga
Pelaporan
1 kali
200.000,00
200.000,00
                                                               SUB TOTAL (Rp)
1.173.000,00
                                                         TOTAL (Keseluruhan)
10.174.000,00

Lampiran 3
Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas

No.
Nama
Program Studi
Bidang Ilmu
Alokasi Waktu (jam/minggu)
Uraian Tugas
1.
I Wayan Agus Permadi
Pendidikan Biologi
-
12 jam/minggu
Bertanggung jawab sebagai kordinator
2.
I Gede Bagus Herman Sanjaya
Pendidikan Bahasa Inggris
-
8 jam/minggu
Membantu dalam pelaksanaan kegiatan 
3.
I Kadek Muliawan
Pendidikan Bahasa Inggris
-
8 jam/minggu
Membantu dalam pelaksanaan kegiatan 
4.
I Made Purna Wintara
Pendidikan Bahasa Inggris
-
8 jam/minggu
Membantu dalam pelaksanaan kegiatan


Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Pelaksana

UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Sekretariat : Jalan Kamboja No. 11 A Telp. (0361) 262725




SURAT PERNYATAAN KETUA PELAKSANA

Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama               :
NIM                : 
Program Studi : 
Fakultas           : 

Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul  “ Memperkenalkan Lanskap Budaya Subak Kepada Generasi Penerus Melalui Kolaborasi Model Pembelajaran Dengan Media Belajar Jurnal Lanskap” untuk tahun anggaran 2014 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain. Jika dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.


Denpasar, 27 Agustus 2014           
Ketua Pelaksana




(.......................................................)
 
Wakil Rektor III





(..................................)
 
 



                                                           
Lampiran 5. Pernyataan Kesediaan dari Mitra

SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN KERJASAMA DARI MITRA USAHA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM
KREATIVITAS MAHASISWA

Yang bertandatangan di bawah ini,
Nama                                    : 
Pimpinan Mitra sekolah          : 
Bidang Usaha                         : 
Alamat                                   : 

Dengan ini menyatakan Bersedia untuk Bekerjasama dengan Pelaksana Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M)

Nama Ketua Tim Pengusul     : 
Nomor Induk Mahasiswa       : 
Program Studi                        : 
Nama Dosen Pembimbing      : 
Perguruan Tinggi                    :

Guna kedua memperkenalkan Lanskap Budaya Subak dengan model pembelajaran STAD dan media belajar Jurnal Lanskap di SDN 6 Tampaksiring

Bersama ini pula kami nyatakan dengan sebenarnya bahwa di antara pihak Mitra Usaha dan Pelaksana Kegiatan Program tidak terdapat ikatan kekeluargaan dan ikatan usaha lain dalam wujud apapun juga.

Demikian Surat Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa ada unsur pemaksaan di dalam pembuatannya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.



          Tampaksiring, 27 Agustus 2014           
Ketua Pelaksana





(..........................................)
 
 












0 comments:

Post a Comment