BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Bali adalah salah satu bagian dari suku bangsa di
Indonesia, Bali memiliki karakteristik seni dan budaya yang menarik. Oleh
karena itu Bali tetap menarik bagi wisatawan mancanegara untuk dikunjungi untuk
melihat kepaduan estetika budaya yang diilhami oleh sebuah frame (bingkai)
Hinduisme. Berdasarkan hal tersebut Bali terkenal dengan berbagai julukan
seperti Pulau Surga, Pulau Religius, Pulau seribu pura, Pulau Pariwisata dan
lain sebagainya. Berbicara mengenai pariwisata
di Bali,
sudah beberpa tempat di Bali dijadikan warisan Budaya dunia oleh UNESCO, dan
salah satunya adalah sawah berteras milik subak. Dimana di Lanskap subak
terdapat sebuah perpaduan antara pekerjaan alam dan perilaku manusia dan dapat menjadi
laboratorium alam yang banyak berisi ilmu pengetahuan yang cocok menjadi model
yang tepat dan teruji dalam proses pembelajaran di ruangan maupun luar ruangan
di setiap jenjangnya.
Pada dasarnya proses
pembelajaran pada berbagai jenjang pendidikan di tanah air cendrung
masih berlangsung secara konvensional yang didominasi oleh guru tanpa
melibatkan siswa. Hal ini dapat menjadikan siswa pasif.
Dengan adanya peralatan yang seharusnya
dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti laptop dengan jaringan internet
menyebabkan siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang
menghabiskan waktu untuk internetan, seperti Facebook, Chating, Twitter
yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini yang menyebabkan
siswa kurang memiliki penalaran dalam belajar, dari kenyataan diatas tentu jauh dari sasaran kurikulum
2013.
Oleh karena itu, perlu adanya model
pembelajaran baru yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achievement Division (STAD). Dengan menggunakan
model ini akan memberikan pengaruh posititif terhadap perilaku sosial atau
berkelompok siswa sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi untuk
mencapai tujuan bersama. Dengan merancang media pembelajaran yang inovatif yang
melibatkan siswa dalam pembuatannya akan memotivasi siswa untuk berfikir kritis
terhadap suatu permasalahan, serta berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Media pembelajaran yang digunakan yaitu
dengan media jurnal lanskap. Jurnal lanskap merupakan kegiatan
untuk merekam lanskap dalam bentuk gambar dan kemudian menuliskan narasi untu
menjelaskan maksud dan makna dari gambar tersebut. Keunggulan menggunakan media
jurnal lanskap yaitu kemampuan berfikir dan kreativitas seni
siswa dituangkan di dalamnya. Dimana lanskap Budaya Subak dijadikan sebagai sumber belajar untuk
membuat media jurnal lanskap. Sebab subak merupakan warisan kearifan lokal yang
harus dilestarikan oleh generasi penerus Bali dimana subak mampu menghilangkan
pembatas antara belajar di sekolah dan kehidupan nyata, antara ilmu alam dan
ilmu social, antara sains modern san sains tradisional.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam tulisan ini
dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.
Kurangnya perhatian generasi sekarang terhadap warisan budaya yang
dimilikinya.
2.
Lanskap Budaya Subak merupakan salah satu bentuk kearifan lokal
masyarakat Bali yang menjadi warisan budaya dunia yang harus dilestarikan.
3.
Mengenalkan
STAD dan jurnal lanskap yang merupakan model dan media pembelajaran yang baru dikembangkan untuk meningkatkan
daya nalar siswa dalam menalar suatu objek.
1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut :
1.
Untuk meningkatkan kepedulian generasi
sekarang akan warisan budaya yang sudah mendunia yaitu subak yang dimilikinya.
2.
Untuk meningkatkan kepedulian generasi sekarang akan
kelestarinya warisan budaya Bali yaitu Lanskap
Budaya Subak.
3.
Untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan model dan media pembelajaran STAD dan jurnal
lanskap yang baru dikembangkan untuk meningkatkan daya nalar siswa dalam
menalar suatu objek.
1.4 Luaran
yang diharapkan
Adapun luaran yang
diharapkan dari penelitian ini adalah sebuah hasil pembelajaran yang efektif melalui
kolaborasi media pembelajaran
STAD yang dapat meningkatkan daya nalar belajar siswa
yang baik, serta kegiatan pembelajaran yang efektif dan model pembelajaran jurnal lanskap ,
yang merupakan sains art, karena memadukan antara kemampuan
berfikir dan kreatifitas seni. Hal tersebut ditunjukkan melalui kemampuan
menunjukan pengamatan terhadap obyek tertentu dan kemudian “merekam” dalam
bentuk gambar dan tulisan. Media dan model
pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar dan daya
nalar belajar siswa yang tinggi untuk mencipkan sains art yang memiliki nilai
dan daya tarik yang tinggi. Dan lanskap budaya subak menjadi sumber
informasi dan inspirasi dalam mengembangkan sains art nya, sehingga selain
mendapatkan ilmupengetahuan secara tidak langsung dapat melestarikan subak
sebagai warisan budaya leluhur yang telah diakui oleh dunia.
1.5
Manfaat Penulisan
Adapun manfaat yang ingin dicapai dari penulisan ini adalah
:
1. Bagi Masyarakat sasaran
Diharapkan dapat menggugah kesadaran generasi muda Bali bahwa pentingnya
menjaga kelestarian kebudayaan dan adat istiadat Bali terutama lanskap
budaya subak.
2. Bagi Pelaksana
Dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student
Team Achievement Division (STAD) dan mengkolaborasikannya dengan media pembelajaran jurnal lanskap dalam proses
pembelajaran
3. Bagi Pemerintah
Dapat membantu sekolah dalam menerapkan kurikulum 2013
dengan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif
BAB II. GAMBARAN
UMUM MASYARAKAT SASARAN
Perhatian generasi muda
terhadap warisan budaya leluhurnya terutama subak sangat rendah itu dibuktikan
dengan minat generasi muda sangat rendah bekerja dalam bidang pertanian. Kesan
bekerja sebagai petani yang identik dengan penghasilan yang rendah, suasana
kerja yang kotor, dan kurang terdidik mengakibatkan sebagian besar generasi
muda Bali menjauhi budidaya bertai padi.
Jika keadaan ini tetap
dibiarkan, dapat dipastikan lanskap budaya subak tidak akan berkelanjutan.
Konsekuensinya, kita bsa kehilangan identitas budaya sebagai asset berharga
bagi generasi masa depan dalam beradaptasi secara lentur terhadap perubahan
ekonomi, sosial, ekologi, dan budaya dunia.
Dimana di lanskap budaya subak
terdapat sebuah perpaduan antara pekerjaan alam dan perilaku manusia dan dapat menjadi laboratorium alam
yang banyak berisi ilmu pengetahuan yang cocok menjadi model yang tepat dan
teruji dalam proses pembelajaran di ruangan maupun di luar ruangan di setiap
jenjangnya. Apalagi di wilayah Desa Tampaksiring,
dimana di daerah tersebut banyak terdapat objek wisata yang sudah terkenal
sampai ke mancanegara, dimana objek wisatanya tidak pernah sepi dari kunjungan
wisatawan domestic maupun internasional. Dimana penyangga dari objek wisata itu
adalah warisan budaya dunia seperti lahan
pertanian, sumber mata air di beberapa pura dan lain-lain. Disinilah
para generasi mudanya harus diedukasi dengan pendidikan yang berdasarkan
kearifan loka daerahnya, dimana di lingkungan daerah Desa Tampaksiring terdapat
lanskap budaya (dengan subaknya), yang dapat dijadikan sebagai laboratorium
alam, yang ditata, dipelihara dan dikembangkan sejak ribuan tahun lalu oleh
ratusan generasi petani. Dimana di subak juga menyediakan model, alat, bahan
dan contoh sistem pengetahuan untuk berbagai bidang sains maupun non sains.
Subak dapat menjadi model yang tepat dan teruji bagi pembelajaran terpadu.
Pada dasarnya proses
pembelajaran pada berbagai jenjang pendidikan di tanah air cendrung
masih berlangsung secara konvensional yang didominasi oleh guru tanpa
melibatkan siswa. Hal ini dapat menjadikan siswa pasif.
Dengan adanya peralatan yang seharusnya
dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti laptop dengan jaringan internet
menyebabkan siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang
menghabiskan waktu di
internet dengan aktif di media social saja, seperti Facebook, Chating, Twitter yang akan
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini yang menyebabkan siswa kurang memiliki penalaran dalam belajar, dari kenyataan diatas tentu jauh dari sasaran kurikulum
2013.
Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran
baru yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD). Dengan menggunakan model ini akan memberikan
pengaruh posititif terhadap perilaku sosial atau berkelompok siswa sebagai
makhluk sosial yang selalu berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama. Dengan
merancang media pembelajaran yang inovatif yang melibatkan siswa dalam
pembuatannya akan memotivasi siswa untuk berfikir kritis terhadap suatu permasalahan,
serta berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Jurnal lanskap merupakan
kegiatan untuk merekam lanskap dalam bentuk gambar
dan kemudian menuliskan narasi untuk menjelaskan maksud dan makna dari gambar
tersebut. Dengan begitu jurnal lanskap juga merupakan sains art, karena
memadukan antara kemampuan berfikir dan kreatifitas seni. Hal tersebut
ditunjukkan melalui kemampuan menunjukan pengamatan terhadap obyek tertentu dan
kemudian “merekam” dalam bentuk gambar dan tulisan. Jurnal lanskap (sebagaimana berbagai jenis sains art yang
lain), bisa diintegrasikan dengan berbagai bidang studi.
BAB III. METODE PELAKSANAAN
1. Metode Ceramah dan Diskusi
Kegiatan
PKM-M ini diawali dengan memberikan ceramah dan penyuluhan kepada siswa-siswi di SDN 6 Tampaksiring. Para siswa-siswi ini dikumpulkan pada suatu ruangan dengan tim
pelaksana untuk memberikan ceramah tentang materi kegiatan. Adapun materi yang
diberikan terkait dengan
pengertian model pembelajaran STAD,
media pembelajaran jurnal lanskap serta apa itu Lanskap Budaya Subak. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan secara teoritis kepada siswa-siswi SDN 6 Tampaksiring tentang materi kegiatan
yang akan dilaksanakan. Kegiatan kemudian dilanjutkan
dengan metode Diskusi untuk memperdalam pemahaman responden tentang model pembelajaran STAD, media pembelajaran jurnal lanskap Lanskap
Budaya Subak Pada saat pelaksanaan kegiatan ini lebih
banyak ditampilkan gambar dan penjelasan-penjelasan mengenai model pembelajaran STAD, media pembelajaran jurnal lanskap serta
Lanskap Budaya Subak dengan harapan responden dapat lebih
cepat memahami.
2. Metode Demonstrasi dan Pelatihan
Kegiatan
demonstrasi dan pelatihan merupakan kegiatan lanjutan yang dilakukan oleh
pelaksana PKM-M terhadap kegiatan ceramah dan diskusi yang telah dilakukan.
Kegiatan ini dilaksakan dengan mendemontrasikan cara pembuatan media pembelajaran jurnal lanskap dengan
memadukannya dengan model pembelajaran STAD dengan memanfaatkan Lanskap Budaya
Subak sebagai sumber inspirasi dari seluruh kegiatan. Selanjutnya siswa-siswi
langsung menggambar sesuai dengan yang diketahui tentang lanskap budaya subak,
setelah itu dia baru diajak ke lokasi yang telah ditentukan untuk kembali
menggambar objek yang diamati setelah mereka melihatnya langsung.
BAB IV. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Anggaran Biaya Program
Tabel 4.1 Format Ringkasan Anggaran Biaya PKM-M
No.
|
Jenis Pengeluaran
|
Biaya (Rp)
|
1
|
Peralatan penunjang (25%).
|
|
1)
Sewa Kamera
Digital
|
200.000,00
|
|
2)
Sewa LCD dan Layar
|
1.000.000,00
|
|
3)
Sewa Wereless
|
250.000,00
|
|
4)
Sewa Ruang Pelatihan
|
1.000.000,00
|
|
5)
Dana Kebersihan Ruang Pelatihan
|
100.000,00
|
|
6)
Dana Internet + Listrik
|
200.000,00
|
|
Total (1)
|
2.750.000,00
|
|
2
|
Bahan habis pakai (40%).
|
|
1)
ATK (Kertas, Buku Gambar
Sketbook, Pensil Warna, Pulpen, Penghapus,Papan Belajar),
Desain model
Jurnal Lanskap dan fotocopy materi
|
1.024.000,00
|
|
2)
Konsumsi program
kegiatan untuk 36 orang
|
2.220.000,00
|
|
Total
(2)
|
3.244.000,00
|
|
3
|
Perjalanan (25%).
|
|
1) Survey lokasi ke SDN 6 Tampaksiring (3 kali)
|
300.000,00
|
|
2) Transportasi Pelatihan dan Pemantauan (6 kali)
|
600.000,00
|
|
3)
Transportasi peserta (36 orang)
|
1.080.000,00
|
|
4)
Transportasi pendamping (4 orang)
|
1.000.000,00
|
|
Total (3)
|
2.980.000,00
|
|
4
|
Lain-lain: administrasi, publikasi, seminar, laporan,
lainnya sebutkan (Maks. 10%)
|
|
1)
Administrasi
|
200.000,00
|
|
2)
Biaya Komunikasi (pulsa)
|
200.000,00
|
|
3)
Pembuatan Laporan (Draft)
|
200.000,00
|
|
4)
Biaya Monev
|
200.000,00
|
|
5)
Pengiriman laporan akhir
|
100.000,00
|
|
6)
Biaya tak terduga
|
200.000,00
|
|
Total (4)
|
1.173.000,00
|
|
Jumlah
|
10.174.000,00
|
4.2
Jadwal Kegiatan Program
No
|
Jenis kegiatan
|
Waktu Kegiatan
(Bulan)
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Observasi
dan penentuan Lokasi PKM-M
|
|
|
|
2
|
Pengajuan
Proposal PKM-M
|
|
|
|
3
|
Persiapan
alat dan Bahan
|
|
|
|
4
|
Memperkenalkan berbagai macam dan
bahan-bahan untuk membuat jejahitan
|
|
|
|
5
|
Demonstrasi pembuatan membuat jejahitan
multi bahan
|
|
|
|
6
|
Pendampingan selama
program
|
|
|
|
7
|
Penulisan draf
laporan Akhir
|
|
|
|
8
|
Pengiriman Laporan
akhir ke Dikti
|
|
|
|
DAFTAR PUSTAKA
Kaler Surata, Sang Putu (2013). Lanskap Budaya Subak. Universitas Maharasaswati Press.Denpasar
Kaler Surata, Sang Putu (2013). Lanskap Budaya Subak. Universitas Maharasaswati Press.Denpasar
http://id.wikipedia.org/wiki/Lanskap_kultur_Provinsi_Bali diakses 27
agustus 2014
http://ekowisata.org/tri-hita-karana-falsafah-dibalik-penetapan-lanskap-subak-bali-sebagai-warisan-dunia-unesco/
diakses 27 agustus 2014
http://ekuatorial.com/food-agriculture/subak-bali-diambang-kehancuran-2
diakses 28 Agustus 2014
http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.com/2012/08/student-team-achievement-division-stad_3721.html
diakses 27 Agustus 2014
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1
Biodata
Ketua
a.
Identitas Diri
a. Nama Lengkap
b. Jenis Kelamin
c. Jurusan
c. NIM
d. Tempat dan Tanggal Lahir
e. Alamat dan No Tlp/HP
f. Alamat email
|
:
:
: : : :
:
|
I Wayan Agus Permadi
Laki-Laki
Pendidikan Biologi
11.8.03.51.30.2.5.0947
Kekeran, 15 Desember 1992
Jalan Pulau Seram Gang I No.11 Denpasar /085338430514
Wayan_agus15@yahoo.co.id
|
b. Riwayat Diri
Keterangan
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Nama Institusi
|
SDN 1 Abang
|
SMPN 2 Amlapura
|
SMAN 1 Amlapura
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPA
|
Tahun-Masuk Lulusan
|
1999-2005
|
2005-2008
|
2008-2011
|
Semua
data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat
dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata tidak
dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini
saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu peryaratan dalam
pengajuan Hibah PKM Pengabdian Kepada
Masyarakat.
Denpasar, 27 Agustus 2014
Pengusul
( I Wayan Agus Permadi )
NIM.
11.8.03.51.30.2.5.0947
|
Biodata Anggota 1
a. Identitas Diri
a. Nama Lengkap
b. Jenis Kelamin
c. Jurusan
c. NIM
d. Tempat dan Tanggal Lahir
e. Alamat dan No Tlp/HP
f. Alamat email
|
:
:
: : : :
:
|
I Gede Bagus Herman Sanjaya
Laki-Laki
Pendidikan Bahasa
Inggris
11.8.03.51.31.2.5.4330
Denpasar, 06 Maret 1993
Br. Aseman Kangin, Tibubeneng, Kuta
Utara/081999203363
gedebagusherman@yahoo.com
|
b. Riwayat Diri
Keterangan
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Nama Institusi
|
SDN 1 Tibubeneng
|
SMP Pancasila Canggu
|
SMA Ngurah Rai Kerobokan
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPA
|
Tahun-Masuk Lulusan
|
1999-2005
|
2005-2008
|
2008-2011
|
Semua
data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat
dipertanggungjawabkan secara hokum. Apabila dikemudian hari ternyata tidak
dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini
saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu peryaratan dalam
pengajuan Hibah PKM Pengabdian Kepada
Masyarakat.
Denpasar, 27 Agustus 2014
Pengusul
(I Gede Bagus Herman Sanjaya)
NIM. 11.8.03.51.31.2.5.4330
|
Biodata Anggota 2
a.
Identitas Diri
a. Nama Lengkap
b. Jenis Kelamin
c. Jurusan
c. NIM
d. Tempat dan Tanggal Lahir
e. Alamat dan No Tlp/HP
f. Alamat email
|
:
:
: : : :
:
|
I Kadek Muliawan
Laki-Laki
Pendidikan Bahasa
Inggris
11.8.03.51.31.2.5.4321
Siladumi, 16 agustus 1990
Br. Dinas Siladumi, Pering Sari Selat/081916318380
muliawanjus@yahoo.co.id
|
b. Riwayat Diri
Keterangan
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Nama Institusi
|
SDN 1 Selat
|
SMP 1 Selat
|
SMA 1 Selat
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPA
|
Tahun-Masuk Lulusan
|
1999-2005
|
2005-2008
|
2008-2011
|
Semua
data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat
dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata tidak
dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian
biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu peryaratan
dalam pengajuan Hibah PKM Pengabdian Kepada Masyarakat.
Denpasar, 27 Agustus 2014
Pengusul
(I Kadek Muliawan)
NIM. 11.8.03.51.31.2.5.4321
|
Biodata Anggota 3
a.
Identitas Diri
a. Nama Lengkap
b. Jenis Kelamin
c. Jurusan
c. NIM
d. Tempat dan Tanggal Lahir
e. Alamat dan No Tlp/HP
f. Alamat email
|
:
:
: : : :
:
|
I Made Purna Wintara
Laki-Laki
Pendidikan Bahasa
Inggris
11.8.03.51.31.2.5.4322
Denpasar, 30 November 1993
Jln. Trenggana No.86 Penatih, Dentim /085739172915
Purna_wintara@yahoo.com
|
b. Riwayat Diri
Keterangan
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Nama Institusi
|
SDN 1 Penatih
|
SMP Widya Bakti Penatih
|
SMKN 5 Denpasar
|
Jurusan
|
-
|
-
|
Multimedia
|
Tahun-Masuk Lulusan
|
1999-2005
|
2005-2008
|
2008-2011
|
Semua
data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat
dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata tidak
dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini
saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu peryaratan dalam
pengajuan Hibah PKM Pengabdian Kepada
Masyarakat.
Denpasar, 27 Agustus 2014
Pengusul
(I Made Purna Wintara)
NIM. 11.8.03.51.31.2.5.4322
|
Lampiran
2. Justifikasi Anggaran Kegiatan
1.
Peralatan
Penunjang
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
(Rp)
|
Keterangan
|
Sewa
kamera digital
|
Dokumentasi
|
2
buah
|
100.000,00
|
200.000,00
|
Sewa
LCD dan Layar
|
Pelatihan
|
2
buah
|
500.000,00
|
1.000.000,00
|
Sewa Wereless
|
Pelatihan
|
2
buah
|
150.000,00
|
250.000,00
|
Sewa Ruang Pelatihan
|
Pelatihan
|
1
unit
|
1.000.000,00
|
1.000.000,00
|
Dana Kebersihan Ruang Pelatihan
|
Pelatihan
|
|
100.000
|
100.000
|
Dana Internet + Listrik
|
Pengumpulan data
|
|
200.000,00
|
200.000,00
|
SUB
TOTAL (Rp)
|
2.750.000,00
|
2.
Bahan
Habis Pakai
Material
|
Justifikasi Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan (Rp)
|
Keterangan
|
ATK
|
|
|
|
|
a.
Kertas HVS A4 70 g
|
Pelatihan
|
4 rim
|
35.000,00
|
140.000,00
|
b.
Buku Gambar Sketbook
|
Pelatihan
|
5 buah
|
40.000,00
|
200.000,00
|
c. Pensil
warna,
|
Pelatihan
|
36 pcs
|
10.000,00
|
360.000,00
|
d. Pulpen
|
Pelatihan
|
36 pcs
|
2.000
|
72.000,00
|
e. Penghapus
|
Pelatihan
|
36 buah
|
1.000
|
36.000,00
|
f. Papan
belajar
|
Pelatihan
|
36 buah
|
5.000
|
180.000,00
|
g.
Penggaris
|
Pelatihan
|
36 buah
|
1.000
|
36.000,00
|
Total
|
1.024.000,00
|
|||
Model desain (contoh
desain/model)
|
a. Desain model Jurnal Lanskap
b. Fotokopi
materi
|
36
buah
36
buah
|
2.000,00
5.000,00
|
72.000,00
180.000,00
|
Konsumsi program kegiatan untuk 36 orang
|
a.
Snack
b.
Air mineral
c.
Nasi
|
216
bungkus
12
dus
216
bungkus
|
3.000,00
20.000,00
5.000,00
|
648.000,00
240.000,00
1.080.000,00
|
Total
|
2.220.000,00
|
|||
SUB TOTAL (Rp)
|
3.244.000,00
|
3.
Perjalanan
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Keterangan
|
Survey lokasi SDN 6 Tampaksiring
|
Survey lapangan
|
3 kali
|
100.000,00
|
300.000,00
|
Transportasi Pelatihan
dan Pemantauan
|
transportasi
|
6 kali
|
100.000,00
|
600.000,00
|
Transportasi peserta
Siswa SD
|
transportasi
|
36 peserta
|
30.000,00
|
1.080.000,00
|
Transportasi
pendamping Siswa SD
|
transportasi
|
1 tim
|
1.000.000,00
|
1.000.000,00
|
SUB
TOTAL (Rp)
|
2.980.000,00
|
4.
Lain-lain
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Keterangan
|
Administrasi
|
Pelaksanaan dan pelaporan
|
6 kali
|
50.000,00
|
300.000,00
|
Biaya Komunikasi (pulsa)
|
Pelaksanaan dan pelaporan
|
6 kali
|
33.000,00
|
198.000,00
|
Pembuatan Laporan (Draft)
|
Pelaporan hasil
|
Seluruh kegiatan
|
200.000,00
|
200.000,00
|
Biaya Monev
|
Dikti
|
1 kali
|
200.000,00
|
200.000,00
|
Pengiriman laporan akhir
|
Dikti
|
1 kali
|
100.000,00
|
75.000,00
|
Biaya tak terduga
|
Pelaporan
|
1 kali
|
200.000,00
|
200.000,00
|
SUB TOTAL (Rp)
|
1.173.000,00
|
|||
TOTAL (Keseluruhan)
|
10.174.000,00
|
Lampiran 3
Susunan
Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas
No.
|
Nama
|
Program Studi
|
Bidang Ilmu
|
Alokasi Waktu
(jam/minggu)
|
Uraian Tugas
|
1.
|
I Wayan Agus Permadi
|
Pendidikan
Biologi
|
-
|
12 jam/minggu
|
Bertanggung jawab
sebagai kordinator
|
2.
|
I Gede Bagus Herman
Sanjaya
|
Pendidikan Bahasa Inggris
|
-
|
8 jam/minggu
|
Membantu dalam
pelaksanaan kegiatan
|
3.
|
I Kadek Muliawan
|
Pendidikan Bahasa Inggris
|
-
|
8 jam/minggu
|
Membantu dalam
pelaksanaan kegiatan
|
4.
|
I Made Purna Wintara
|
Pendidikan Bahasa Inggris
|
-
|
8 jam/minggu
|
Membantu dalam
pelaksanaan kegiatan
|
Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Pelaksana
UNIVERSITAS MAHASARASWATI
DENPASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Sekretariat : Jalan Kamboja No. 11 A Telp. (0361)
262725
SURAT PERNYATAAN KETUA
PELAKSANA
Yang bertanda
tangan dibawah ini:
Nama :
NIM :
Program Studi :
Fakultas :
Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat yang
berjudul “ Memperkenalkan Lanskap Budaya Subak Kepada Generasi Penerus Melalui
Kolaborasi Model Pembelajaran Dengan Media Belajar Jurnal Lanskap” untuk tahun anggaran 2014 bersifat
original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain. Jika
dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya
bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan
mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya
dan dengan sebenar-benarnya.
|
||||
|
||||
Lampiran 5. Pernyataan Kesediaan dari Mitra
SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN KERJASAMA DARI MITRA USAHA
DALAM PELAKSANAAN PROGRAM
KREATIVITAS MAHASISWA
Yang bertandatangan di bawah ini,
Nama :
Pimpinan Mitra sekolah :
Bidang Usaha :
Alamat :
Dengan ini menyatakan Bersedia untuk
Bekerjasama dengan Pelaksana Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian
Kepada Masyarakat (PKM-M)
Nama Ketua Tim Pengusul :
Nomor Induk Mahasiswa :
Program Studi :
Nama Dosen Pembimbing :
Perguruan Tinggi :
Guna kedua memperkenalkan
Lanskap Budaya Subak dengan model pembelajaran STAD dan media belajar Jurnal
Lanskap di SDN 6 Tampaksiring
Bersama ini pula kami nyatakan dengan
sebenarnya bahwa di antara pihak Mitra Usaha dan Pelaksana Kegiatan Program
tidak terdapat ikatan kekeluargaan dan ikatan usaha lain dalam wujud apapun
juga.
Demikian Surat
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa ada unsur
pemaksaan di dalam pembuatannya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.
|
Contoh Pkm-Pengabdian Kepada Masyarakat - Wayanbio >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Contoh Pkm-Pengabdian Kepada Masyarakat - Wayanbio >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Contoh Pkm-Pengabdian Kepada Masyarakat - Wayanbio >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK