Saturday 8 November 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                     : .........................................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          : VII / 1
Topik                         : Klasifikasi Benda
Sub Topik                 : Unsur, Senyawa dan Campuran
Alokasi  Waktu         : 1 x  40 menit (1 jam pembelajaran)
Pertemuan ke-           : 4
A. KOMPETENSI INTI
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
3.    Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

KI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1
1.1.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan.
1.1.2. Memanfaatkan lingkungan untuk kehidupan yang bahagia dengan mewujudkan pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.1.1. Berperilaku jujur
2.1.2. Memiliki rasa ingin tahu.
2.1.3. Menunjukkan rasa syukur dan tanggung jawab dengan memanfaatkan unsur-unsur yang sudah tersedia di alam pada hal-hal yang baik


2.2.1. Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
3
3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.2.1. Mengidentifikasi benda-benda/ materi ke dalam jenis unsur, senyawa, atau campuran
3.2.2 Menunjukkan unsur, senyawa dan campuran yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari
3.2.3. Mengidentifikasi contoh pemanfaatan unsur, senyawa  atau campuran dalam kehidupan sehari-hari
4
4.2. Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda hidup dan tak hidup .
4.2.1. Menyajikan hasil/ laporan
4.2.2. Mengamati lingkungan

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk unsur, senyawa dan campuran.
2.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian unsur.
3.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian senyawa.
4.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian campuran.
5.      Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan unsur, senyawa dan campuran.
6.   Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan campuran homogeny dan heterogen.

D. MATERI
Berdasarkan komposisinya materi yang ada di alam, dapat diklasifikasikan menjadi unsur, senyawa, dan campuran
 















Ilmuwan menggolongkan materi berdsarkan susunan dan sifatnya.
Berdasarkan susunannya, materi yang ada di alam dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu:
a.    zat tunggal :
Zat tunggal dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
1.    Unsur
2.    senyawa
b.    campuran.

Materi yang kita pelajari pada pertemuan hari ini yaitu mengenai Unsur :
Unsur : zat tunggal yang tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih sederhana dan akan tetap mempertahankan karakteristik asli dari unsur tersebut.
( Unsur : zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan cara kimia biasa )
Contoh unsur yang ada dialam :  besi, oksigen, seng, hydrogen, tembag, nikel.dll.

E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi dan eksperimen
3.      Model              : TPS ( Think-Pair-Share )

F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : Lingkungan, Charta , Laptop, LCD.
2. Alat dan bahan :
a.       Beberapa Benda-benda yang ada di sekitar kita
3. Sumber Belajar :
a.       Buku IPA SMP kelas VII, puskurbuk 2013
b.      LKS klasifikasi benda
c.       Lingkungan sekitar

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Kegitan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi
Pendahuluan
-     Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
-     Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran
-     Guru menyuruh peserta didik untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya
-     Guru menyapaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran
-     Siswa menjawab salam

-     Siswa Berdoa bersama

-     Siswa melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya


-     Siswa mendengarkan
10 menit
Kegiatan Inti
-     Guru menyampaikan materi pembelajaran
-     Guru membagi Peserta didik menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang
-     Guru membagikan materi diskusi
-       Peserta didik mendengarkan dengan seksama
-       Peserta didik membentuk kelompok.

-       Peserta didik diminta mendiskusikan materi yang diberikan guru
20 menit
Mengamati
-     Guru membimbing peserta didik
-          Peserta didik dalam kelompok berdiskusi melakukan pengamatan terhadap benda-benda sehari-hari

Menanya
-     Guru membimbing peserta didik

-          Berdasarkan hasil pengamatannya, siswa dapat mengajukan pertanyaan yang ingn diketahui

Mengumpulkan data
-     Guru membimbing peserta didik

-          Peserta didik melakukan diskusi kelompokdan melakukan kajian pustaka mengenai ojek yang dipelajari untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS

Mengasosiasikan
-     Guru membimbing peserta didik

-       Peserta didik menganalisis data hasil pengamatan dan merumuskan kesimpulan yang dihasilkan

Mengkomunikasikan
-     Guru membimbing peserta didik
-          Peserta didik bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok
-          Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi kelas

 Penutup
-     Guru  memberikan  penghargaan  (misalnya  pujian  atau bentuk  penghargaan  lain  yang  relevan)  kepada kelompok yang berkinerja baik
-     Guru memberikan kuis atau tes tulis untuk mengecek pemahaman siswa.
-     Pemberian tugas rumah
-     Guru menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya
-          Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran   


-          Siswa  menjawab  kuis  tentang  ciri-ciri zat padat, zat cair, dan zat gas


10 menit

H.    PENILAIAN
1.Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar pengamatan dan Rubrik
Tes Unjuk Kerja (keterampilan)
Tes penilaian kinerja
Tes Tulis (pengetahuan)
Tes uraian

2.Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Ket
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan pembedaan




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
3. Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif, dalam kegiatan kelompok
2. Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1. Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2
Ketelitian dan hati-hati
3.  Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,hati-hati dalam melakukan percobaan
2.  Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1.  Mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur,tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3. Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan  hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2. Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1. Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3. Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

b. Lembar pengamatan keterampilan
Penilaian keterampilan/kinerja ilmiah
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1.
Mengagumi  makhluk hidup dan benda tak hidup   sebagai ciptaan Tuhan



2.
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)



3.
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




Rubriknya :
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
Mengagumi  ciri-ciri makhluk hidup sebagai ciptaan Tuhan
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap  ciri-ciri makhluk hidup    dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
Belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap ciri-ciri makhluk hidup
Belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap  ciri-ciri makhluk hidup atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
Menunjukkan rasa ingin tahu
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat

Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

c. Instrumen Pengetahuan
1.      Soal Uraian

1.      Apa pengertian unsur?
2.      Tulislah contoh-contoh unsur!
3.      Apa perbedaan unsur logam dan non logam?
4.      Buatlah bagan pengklasifikasian materi!

2.      Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor
1.
Unsur : zat tunggal yang tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih sederhana dan akan tetap mempertahankan karakteristik asli dari unsur tersebut.
10
2.
Contoh unsur yang ada dialam :  besi, oksigen, seng, hydrogen, tembag, nikel dll
10
3
Perbedaan Unsur Logam dan Nonlogam
Logam
Nonlogam

1. Berwujud padat pada suhu kamar (kecuali
raksa).
2. Dapat ditempa dan dapat diregangkan.
3. Konduktor listrik dan panas.
1. Ada yang berwujud padat, cair, dan gas.
2. Bersifat rapuh dan tidak dapat ditempa.
3. Nonkonduktor, kecuali grafit.

40
4.



40

Nilai  =   skor perolehan/100 x 100 -� )�: 2 H � @,� -family:"Times New Roman","serif"; mso-ansi-language:SV'>Rubrik penilaian uraian

No
Uraian
skor
1
Jika benar semua
100
2
Jika 2 benar
80
3
Jika 1 benar
40

Nilai  =   skor perolehan/100 x 100

0 comments:

Post a Comment