Saturday, 8 November 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                     : ..................................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          : VII / 1
Topik                         : Klasifikasi Benda
Sub Topik                 : Larutan asam, basa dan garam
Alokasi  Waktu         : 2 x  40 menit (2 jam pembelajaran)
Pertemuan ke-           : 6

A. KOMPETENSI INTI
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
3.    Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

KI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1
1.1.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan.
1.1.2. Memanfaatkan lingkungan untuk kehidupan yang bahagia dengan mewujudkan pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.1.1. Berperilaku jujur
2.1.2. Memiliki rasa ingin tahu.
2.1.3. Menunjukkan rasa syukur dan tanggung jawab dengan memanfaatkan unsur-unsur yang sudah tersedia di alam pada hal-hal yang baik

2.2.1. Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
3
3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.2.1.   Mengidentifikasi benda-benda/materi ke dalam jenis asam,basa,dan garam
3.2.2 Menunjukkan asam, basa, dan garam yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari
3.2.3. Mengidentifikasi contoh pemanfaatan asam, basa, dan garam. dalam kehidupan sehari-hari
4
4.2. Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda hidup dan tak hidup .
4.2.1. Mengamati zat asam, basa dan garam di lingkungan sehari-hari
4.2.2. Menyajikan hasil/laporan tentang larutan asam, basa dan garam di lingkungan sekitar kita.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap beberapa contoh larutan asam basa dan garam.
2.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian asam dan menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian basa dan menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian garam dan menyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari
5.      Peserta didik dapat menjelaskan beberapa contoh indikator asam-basa alami.
6.      Peserta didik dapat menjelaskan beberapa contoh indikator asam-basa buatan.
7.      Peserta didik dapat menggunakan indikator asam-basa buatan dan alami.

D. MATERI
Larutan Asam, Basa, dan Garam
Pada pembahasan sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa contoh campuran homogen adalah larutan. Pada dasarnya larutan yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari, dapat kita kelompokkan menjadi larutan yang bersifat asam, basa, atau garam. Larutan seperti cuka, sirop, penghilang noda, sabun cuci, sabun mandi, soda kue, dan garam dapur adalah contoh larutan asam, basa, atau garam yang banyak kita jumpai setiap hari
A. Asam
Tentu kita telah mengenal larutan asam dalam kehidupan sehari-hari. Asam banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Contohnya, seperti jeruk, lemon, tomat, dan sayuran. Pada saat memasak di dapur, tentu kita mengenal salah satu bahan penambah rasa makanan, yaitu cuka dapur yang mengandung asam asetat. Aki pada kendaraan bermotor mengandung asam sulfat. Asam dalam lambung kita berfungsi membantu proses pencernaan bahan makanan. Masih banyak contoh senyawa asam lainnya yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari. Dari beberapa contoh larutan asam yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana cara kita mengidentifikasi larutan asam? Berikut ciri atau tanda dari larutan asam:
1. Rasanya asam.
2. Dapat menimbulkan korosif.
3. Mengubah kertas lakmus biru menjadi merah.

B. Basa
Basa merupakan larutan yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misal sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, obat maag, dan pupuk. Dalam penggunaan sehari-hari, pada umumnya basa dicampur dengan zat lain. Bagaimana cara kita mengidentifikasi larutan basa? Berikut sifat basa:
1. Terasa licin di kulit dan berasa agak pahit.
2. Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru.
Dalam kehidupan sehari-hari, larutan asam sering direaksikan dengan larutan basa yang menghasilkan senyawa netral atau dikenal dengan reaksi netralisasi. Larutan basa akan menetralkan larutan asam yang membentuk air (H2O). Selain membentuk H2O, pada reaksi netralisasi dihasilkan juga garam. Beberapa contoh penerapan reaksi netralisasi dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk pengobatan bagi penderita sakit maag, pengobatan untuk sengatan serangga, melindungi kerusakan gigi, dan pengolahan tanah pertanian.

C. Garam
Jenis senyawa garam yang paling kita kenal adalah garam dapur atau nama senyawa kimianya natrium klorida (NaCl). Garam ini banyak digunakan dalam pengolahan makanan. Bagaimana senyawa garam dapat terbentuk? Salah satu reaksi yang dapat membentuk garam adalah reaksi asam dan basa atau reaksi netralisasi. Pada reaksi netralisasi tersebut dihasilkan garam dan air.
Asam + Basa Garam + Air
Garam secara luas digunakan dalam kehidupan sehari-hari antara lain untuk industri pupuk, obat-obatan, pengolahan makanan, dan bahan pengawet.
a. Indikator alami
Berbagai jenis tumbuhan dapat digunakan sebagai indikator alami. Tumbuhan yang termasuk indikator alami akan menunjukkan perubahan warna pada larutan asam ataupun basa. Beberapa contoh tumbuhan yang termasuk indikator alami adalah kunyit, bunga mawar, kubis merah, kubis ungu, bunga dan kembang sepatu.
b. Indikator buatan
Salah satu jenis indikator buatan yang bukan dalam bentuk larutan cair adalah kertas lakmus. Ada 2 jenis kertas lakmus yaitu lakmus biru dan lakmus merah. Kertas lakmus biru akan menjadi merah dalam larutan asam. Kertas lakmus merah akan menjadi biru dalam larutan basa.

E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi dan eksperimen
3.      Model              : GI ( Group Investigation )

F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : Lingkungan, Charta , Laptop, LCD.
2. Alat dan bahan :
a.       Beberapa contoh larutan asam, basa dan garam yang ada di sekitar kita
3. Sumber Belajar :
a.       Buku IPA SMP kelas VII, puskurbuk 2013
b.      LKS klasifikasi benda
c.       Larutan asam, basa dan garam yang ada di lingkungan sekitar

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Kegitan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi
Pendahuluan
-     Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
-     Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran
-     Guru memperlihatkan beberapa contoh larutan asam,basa dan garam,guru mengajukan pertanyaan  : bahan -bahan apa saja yang tergolong asam,basa dan garam
-     Guru menyapaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran asam, basa dan garam
-     Siswa menjawab salam

-     Siswa Berdoa bersama

-     Siswa melakukan mengamati dan menyimpulkan jawabannya



-     Siswa mendengarkan
10 menit
Kegiatan Inti
-     Guru menyampaikan materi pembelajaran larutan asam, basa dan garam
-     Guru membagi Peserta didik menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang
-     Guru membagikan materi diskusi
-       Peserta didik mendengarkan dengan seksama
-       Peserta didik membentuk kelompok.
-       Peserta didik diminta mendiskusikan materi larutan asam, basa dan garam yang diberikan guru .
60 menit
Mengamati
-     Guru membimbing peserta didik
-          Peserta didik dalam kelompok berdiskusi tentang larutan asam, basa dan garam dalam kehidupan sehari-hari

Menanya
-     Guru membimbing peserta didik

-          Berdasarkan hasil pengamatan larutan asam, basa dan garam, siswa dapat mengajukan pertanyaan yang ingin diketahui

Mengumpulkan data
-     Guru membimbing peserta didik

-          Peserta didik melakukan diskusi kelompok dan melakukan kajian pustaka mengenai larutan asam, basa dan garam yang dipelajari untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS

Mengasosiasikan
-     Guru membimbing peserta didik

-       Peserta didik menganalisis data hasil pengamatan dan merumuskan kesimpulan yang dihasilkan

Mengkomunikasikan
-     Guru membimbing peserta didik
-          Peserta didik bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok
-          Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi kelas

 Penutup
-     Guru  memberikan  penghargaan  (misalnya  pujian  atau bentuk  penghargaan  lain  yang  relevan)  kepada kelompok yang berkinerja baik
-     Guru memberikan kuis atau tes tulis untuk mengecek pemahaman siswa.
-     Pemberian tugas rumah
-     Guru menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya
-          Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran 


-          Siswa  menjawab pertanyaan tentang larutan asam, basa dan garam


10 menit


H.    PENILAIAN
1.Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar pengamatan dan Rubrik
Tes Unjuk Kerja (keterampilan)
Tes penilaian kinerja
Tes Tulis (pengetahuan)
Tes uraian

2.Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Ket
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan pembedaan




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
3. Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif, dalam kegiatan kelompok
2. Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1. Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2
Ketelitian dan hati-hati
3.  Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,hati-hati dalam melakukan percobaan
2.  Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1.  Mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur,tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3. Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan  hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2. Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1. Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3. Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

b. Lembar pengamatan keterampilan
Penilaian keterampilan/kinerja ilmiah
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1.
Mengagumi  makhluk hidup dan benda tak hidup   sebagai ciptaan Tuhan



2.
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)



3.
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




Rubriknya :
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
Mengagumi  ciri-ciri makhluk hidup sebagai ciptaan Tuhan
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap  ciri-ciri makhluk hidup    dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
Belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap ciri-ciri makhluk hidup
Belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap  ciri-ciri makhluk hidup atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
Menunjukkan rasa ingin tahu
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat

Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

c. Instrumen Pengetahuan
1.      Soal Uraian

1.      Sebutkan masing-masing 3 contoh larutan asam, basa dan garam dalam kehidupan sehari-hari?
2.      Sebutkan 2 perbedaan sifat asam dan basa!
3.      Apa ciri-ciri larutan asam dan basa, sebutkan minimal 2?
4.      Sebutkan 3 kelebihan kertas lakmus sebagai indikator asam dan basa ?
5.      Sebutkan contoh indikator alami dan buatan, minimal 2!

2.      Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor
1.
larutan asam = Larutan cuka, Jeruk, lemon, tomat, sayuran
larutan basa = sabun mandi, sabun cuci, sampo, pasta gigi dll
larutan garam = garam dapur, KCl, MgSO4, NaCN dll
10
2.

Asam
Basa
Senyawa bersifat korosif
Sebagian besar reaksi dgn logam menghasilkan H2
Senyawa asam memiliki rasa asam
Dapat mengubah warna zat yg dimiliki oleh zat lain (dpt dijadikan indikator )
Menghasilkan ion H+ dalam air
Senyawa basa bersifat kaustik
Terasa licin di tangan
Senyawa basa terasa pahit
Dapat mengubah warna zat lain (warna yg dihasilkan berbeda dgn asm )
Menghasilkan ion OHdalam air
10
3
Berikut ciri atau tanda dari larutan asam:
1. Rasanya asam.
2. Dapat menimbulkan korosif.
3. Mengubah kertas lakmus biru menjadi merah.

Berikut ciri atau tanda dari larutan basa:
1. Terasa licin di kulit dan berasa agak pahit.
2. Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru.
30
4.
1.Dapat berubah warna dengan cepat saat bereaksi dengan asam maupun basa
2.Sukar bereaksi dengan oksigen dalam udara,sehingga dapat tahan lama
3.Mudah diserap oleh kertas, sehingga di gunakan dalam bentuk kertas lakmus (agar zat lebih mudah meresap).
30
5.
Indkator Alami = kunyit, bunga mawar, kuis merah, kubis ungu, bunga kembang sepatu
Indikator Buatan = kertas lakmus, PP, MO, MM
10
 Nilai  =   skor perolehan/100 x 100

0 comments:

Post a Comment