Saturday, 8 November 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                     : .............................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          : VII / 1
Topik                         : Klasifikasi Benda
Sub Topik                 : Unsur, Senyawa dan Campuran
Alokasi  Waktu         : 2 x  40 menit (2 jam pembelajaran)
Pertemuan ke-           : 5

A. KOMPETENSI INTI
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
3.    Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

KI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1
1.1.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan.
1.1.2. Memanfaatkan lingkungan untuk kehidupan yang bahagia dengan mewujudkan pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.1.1. Berperilaku jujur
2.1.2. Memiliki rasa ingin tahu.
2.1.3. Menunjukkan rasa syukur dan tanggung jawab dengan memanfaatkan unsur-unsur yang sudah tersedia di alam pada hal-hal yang baik

2.2.1. Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
3
3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.2.1. Mengidentifikasi benda-benda/ materi ke dalam jenis unsur, senyawa, atau campuran
3.2.2 Menunjukkan unsur, senyawa dan campuran yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari
3.2.3. Mengidentifikasi contoh pemanfaatan unsur, senyawa  atau campuran dalam kehidupan sehari-hari
4
4.2. Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda hidup dan tak hidup .
4.2.1. Menyajikan hasil/ laporan
4.2.2. Mengamati lingkungan

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk unsur, senyawa dan campuran.
2.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian unsur.
3.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian senyawa.
4.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian campuran.
5.      Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan unsur, senyawa dan campuran.
6.   Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan campuran homogen dan heterogen.

D. MATERI
Berdasarkan komposisinya materi yang ada di alam, dapat diklasifikasikan menjadi unsur, senyawa, dan campuran
 















Materi pembelajaran hari ini yaitu tentang senyawa dan campuran, melanjutkan materi minggu lalu yaitu materinya unsur.

a.    Senyawa
Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menggunakan air, gula, garam, asam cuka, dan beberapa bahan lainnya, bahan-bahan tersebut merupakan contoh senyawa. Sebagaimana diuraikan pada pembahasan tentang unsur di atas, bahwa bagian terkecil dari sebuah unsur adalah atom. Apabila dua buah atom bergabung melalui reaksi kimia, maka akan membentuk molekul, yaitu bagian terkecil dari suatu senyawa. Dengan demikian kamu dapat menjelaskan bahwa sebuah senyawa terdiri atas dua buah unsur atau lebih. Untuk itu maka suatu senyawa masih dapat diuraikan menjadi unsur-unsurnya. Dari uraian tersebut dapat dijelaskan bahwa senyawa merupakan zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua jenis atau lebih zat yang lebih sederhana dengan cara kimia. Misalnya, air yang memiliki rumus H2O dapat diuraikan menjadi unsur hidrogen (H2) dan oksigen (O2). Bagaimana suatu senyawa dapat terbentuk? Senyawa terbentuk melalui proses pencampuran zat secara kimia, pembakaran atau penguraian (dekomposisi) secara termal ataupun elektrik. Sifat suatu senyawa akan berbeda dengan unsur-unsur penyusunnya. Contoh sifat air sebagai senyawa akan berbeda dengan gas hidrogen dan oksigen sebagai unsur penyusunnya. Wujud air sebagai cairan, sedangkan hidrogen dan oksigen dalam temperatur kamar keduanya berwujud gas. Air dapat digunakan untuk memadamkan api, sedangkan gas hydrogen merupakan zat yang mudah terbakar dan gas oksigen merupakan zat yang diperlukan dalam proses pembakaran.

b.    Campuran.
Contoh beberapa campuran yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah susu coklat, air sungai, udara, batuan, garam beryodium, dan paduan logam. Kita mungkin sering menggunakan berbagai jenis campuran, misalnya ketika memasak, membuat teh manis atau kopi. Campuran adalah suatu materi yang terdiri atas dua zat atau lebih dan masih mempunyai sifat zat asalnya. Campuran dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
1.Campuran homogen adalah campuran yang tidak dapat dibedakan antara zat-zat yang tercampur di dalamnya.
2.Campuran heterogen terjadi karena zat yang tidak dapat bercampur satu dengan lain secara sempurna, sehingga dapat dikenali zat penyusunnya
Perbedaan Sifat Unsur, Senyawa, dan Campuran
Unsur
Senyawa
Campuran
1. Zat tunggal
2. Tidak dapat diuraikan
3. Terdiri atas satu jenis
komponen
1. Zat tunggal
2. Dapat diuraikan
3. Tersusun dari dua
komponen atau lebih
4. Perbandingan massa zat
penyusunannya tetap
1. Campuran
2. Dapat diuraikan
3. Tersusun dari dua komponen atau
lebih
4. Perbandingan massa zat
penyusunannya tidak tetap.


E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi dan eksperimen
3.      Model              : TPS ( Think-Pair-Share )

F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : Lingkungan, Charta , Laptop, LCD.
2. Alat dan bahan :
a.       Beberapa Benda-benda yang ada di sekitar kita
3. Sumber Belajar :
a.       Buku IPA SMP kelas VII, puskurbuk 2013
b.      LKS klasifikasi benda
c.       Lingkungan sekitar

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Kegitan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi
Pendahuluan
-     Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
-     Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran
-     Guru menyuruh peserta didik untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya
-     Guru menyapaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran
-     Siswa menjawab salam

-     Siswa Berdoa bersama

-     Siswa melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya


-     Siswa mendengarkan
10 menit
Kegiatan Inti
-     Guru menyampaikan materi pembelajaran
-     Guru membagi Peserta didik menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang
-     Guru membagikan materi diskusi
-       Peserta didik mendengarkan dengan seksama
-       Peserta didik membentuk kelompok.

-       Peserta didik diminta mendiskusikan materi yang diberikan guru
20 menit
Mengamati
-     Guru membimbing peserta didik
-          Peserta didik dalam kelompok berdiskusi melakukan pengamatan terhadap benda-benda sehari-hari

Menanya
-     Guru membimbing peserta didik

-          Berdasarkan hasil pengamatannya, siswa dapat mengajukan pertanyaan yang ingn diketahui

Mengumpulkan data
-     Guru membimbing peserta didik

-          Peserta didik melakukan diskusi kelompokdan melakukan kajian pustaka mengenai ojek yang dipelajari untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS

Mengasosiasikan
-     Guru membimbing peserta didik

-       Peserta didik menganalisis data hasil pengamatan dan merumuskan kesimpulan yang dihasilkan

Mengkomunikasikan
-     Guru membimbing peserta didik
-          Peserta didik bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok
-          Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi kelas

 Penutup
-     Guru  memberikan  penghargaan  (misalnya  pujian  atau bentuk  penghargaan  lain  yang  relevan)  kepada kelompok yang berkinerja baik
-     Guru memberikan kuis atau tes tulis untuk mengecek pemahaman siswa.
-     Pemberian tugas rumah
-     Guru menyampaikan materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya
-          Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran   


-          Siswa  menjawab  kuis  tentang  ciri-ciri zat padat, zat cair, dan zat gas


10 menit


H.    PENILAIAN
1.Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar pengamatan dan Rubrik
Tes Unjuk Kerja (keterampilan)
Tes penilaian kinerja
Tes Tulis (pengetahuan)
Tes uraian

2.Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Ket
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan pembedaan




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
3. Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif, dalam kegiatan kelompok
2. Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1. Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2
Ketelitian dan hati-hati
3.  Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,hati-hati dalam melakukan percobaan
2.  Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1.  Mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur,tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3. Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan  hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2. Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1. Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3. Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

b. Lembar pengamatan keterampilan
Penilaian keterampilan/kinerja ilmiah
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1.
Mengagumi  makhluk hidup dan benda tak hidup   sebagai ciptaan Tuhan



2.
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)



3.
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




Rubriknya :
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
Mengagumi  ciri-ciri makhluk hidup sebagai ciptaan Tuhan
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap  ciri-ciri makhluk hidup    dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
Belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap ciri-ciri makhluk hidup
Belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap  ciri-ciri makhluk hidup atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
Menunjukkan rasa ingin tahu
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat

Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

c. Instrumen Pengetahuan
1.      Soal Uraian

1.      Apa pengertian senyawa dan campuran?
2.      Tulislah contoh-contoh senyawa dan campuran!
3.      Apa perbedaan sifat senyawa dan campuran?
4.      Buatlah bagan pengklasifikasian materi!

2.      Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor
1.
Senyawa = zat yang dapat diuraikan menjadi dua zat atau lebih dengan cara kimia
Campuran = suatu materi yang terdiri atas dua zat atau lebih dan masih mempunyai sifat zat asalnya
10
2.
Senyawa = Air, garam, gula, asam cuka.
Campuran = Larutan gula, Larutan garam, Kopi, Susu, Larutan teh
10
3
Perbedaan sifat senyawa dan campuran
Senyawa
Campuran
1. Zat tunggal
2. Dapat diuraikan
3. Tersusun dari dua
komponen atau lebih
4. Perbandingan massa zat
penyusunannya tetap
1. Campuran
2. Dapat diuraikan
3. Tersusun dari dua komponen atau
lebih
4. Perbandingan massa zat
penyusunannya tidak tetap.
40
4.



40

Nilai  =   skor perolehan/100 x 100

0 comments:

Post a Comment