Saturday 8 November 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                     : ..................................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          : VII / 1
Topik                         : Klasifikasi Benda
Sub Topik                 : Zat Padat, Zat Cair Dan Gas
Alokasi  Waktu         : 2 x  40 menit (2 jam pembelajaran)
Pertemuan ke-           : 3
A. KOMPETENSI INTI
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
3.    Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

KI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1
1.1.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan.
1.1.2. Memanfaatkan lingkungan untuk kehidupan yang bahagia dengan mewujudkan pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.1.1. Berperilaku jujur
2.1.2. Memiliki rasa ingin tahu.
2.1.3. Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
3
3.2. Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.2.1. Mengidentifikasi benda - benda tak hidup berdasarkan sifat yang dimiliki
3.2.2 Mengklasifikaskan benda berdasakan sifat yang dimiliki
3.2.3. Menjelaskan sifat-sifat yang dimiliki zat padat, zat cair dan zat gas
4
4.2. Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda hidup dan tak hidup .
4.2.1. Menyajikan hasil/ laporan
4.2.2. Mengamati lingkungan
4.2.3. Membedakan ciri zat padat, zat cair dan zat gas

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair, dan gas.
2.      Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat padat.
3.      Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat cair.
4.      Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat gas.
5.      Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan zat padat, cair, dan gas.

D. MATERI
Para ilmuwan mengklasifikasikan materi agar lebih mudah dipelajari dan disusun sistematis. Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati sebuah ruang. Materi berdasarkan wujudnya dapat dikelompokkan menjadi zat padat, cair, dan gas. Contoh zat padat adalah beberapa jenis logam, seperti besi, emas, dan seng. Beberapa jenis larutan merupakan contoh wujud cair. Contoh zat berwujud gas adalah hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Asap rokok merupakan salah satu gas yang berbahaya bagi kesehatan, karena itu peserta didik dilarang untuk merokok. Merokok selain berbahaya bagi si perokok, juga berbahaya bagi orang lain yang berada di sekitar perokok, karena asap rokok akan terhisap
oleh orang lain sebagai perokok pasif.
Contoh wujud zat yang sederhana dan mudah dipahami peserta didik adalah air. Ketika dalam bentuk bongkahan es, maka es tersebut dalam wujud padat. Tetapi ketika es tersebut dipanaskan akan berubah kembali menjadi air, maka air tersebut dalam wujud cair. Ketika air dipanaskan pada suhu 100°C akan berubah menjadi uap air, maka uap air dalam wujud gas.

Tabel perbedaan sifat zat padat, cair dan gas

Padat
Cair
Gas
Mempunyai bentuk dan
volume tetap
Mempunyai volume
tertentu, tetapi tidak
mempunyai bentuk yang
tetap, bergantung pada
media yang digunakan.
Tidak mempunyai volume
dan bentuk yang tertentu.
Jarak antarpartikel zat
padat sangat rapat
Jarak antarpartikel zat cair
lebih renggang
Jarak antarpartikel gas
sangat renggang
Partikel-pertikel zat
padat tidak dapat
bergerak bebas
Partikel-pertikel zat cair
dapat bergerak namun
terbatas
Partikel-partikel gas
dapat bergerak sangat
bebas


E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan     : Scientific
2.      Metode            : Diskusi dan eksperimen
3.      Model              : Discovery Learning

F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : Lingkungan, Charta , Laptop, LCD.
2. Alat dan bahan :
a.       Beberapa zat padat seperti batu, kapur tulis, lilin mainan, dan penghapus
b.      Beberapa zat cair seperti air, minyak wangi, minyak goreng
c.       Literan, botol 1 liter, kaleng 1 liter

3. Sumber Belajar :
a.       Buku IPA SMP kelas VII, puskurbuk 2013
b.      LKS penyelidikan
c.       Lingkungan sekitar
 G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Langkah-Langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
Pemusatan perhatian : 
a. Guru menampilkan beberapa gambar benda-benda di alam
b. Siswa diminta untuk mengamati gambar-gambar yang ditayangkan, kemudian     guru mengajukan pertanyaan seperti :
-Apakah kalian pernah memperhatikan benda-benda di lingkungan kalian?
c.  Guru  menyampaikan  tujuan mempelajari pengklasifikasian materi.
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Pembahasan
Tugas  dan
Identifikasi
Masalah

-       Guru menyampaikan materi pembelajaran
-       Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.
-       Guru membagikan materi diskusi
-       Siswa diminta mendiskusikan materi yang diberikan guru
60 menit
Menanya
Observasi

-          Siswa melakukan pengamatan terhadap benda-benda sehari-hari dalam bentukpadat, cair dan gas.

Mengumpulkan data
Pengumpulan data


-          Siswa mencatat hasil pengamatannya kedalam tabel hasil pengamatan

Pengolahan  data dan analisis

-          Siswa mengolah dan menganalisis hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS

Mengasosiasikan
Verifikasi


-       Siswa mendiskusikan ciri-ciri bentuk zat padat, zat cair, dan zat gas berdasarkan hasil pengamataan dan refrensi buku-buku yang ada.
-       Siswa bersama kelompoknya mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain diminta menanggapinya.
-       Guru akan memberikan penguatan dan perbaikan (konfirmasi) dari hasil presentasi kelompok serta dari diskusi kelas.

Mengkomunikasikan
Generalisasi


-          Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi kelas

 Penutup




-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran   
-          Guru  memberikan  penghargaan  (misalnya  pujian  atau bentuk  penghargaan  lain  yang  relevan)  kepada kelompok yang berkinerja baik
-          Guru memberikan kuis atau tes tulis untuk mengecek pemahaman siswa.
-          Siswa  menjawab  kuis  tentang  ciri-ciri zat padat, zat cair, dan zat gas
-          Pemberian tugas rumah dan menyampaikan tentang pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

10 menit

H.    PENILAIAN
1.Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar pengamatan dan Rubrik
Tes Unjuk Kerja (keterampilan)
Tes penilaian kinerja
Tes Tulis (pengetahuan)
Tes uraian

2.Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Ket
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan pembedaan




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
3. Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif, dalam kegiatan kelompok
2. Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1. Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2
Ketelitian dan hati-hati
3.  Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,hati-hati dalam melakukan percobaan
2.  Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1.  Mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur,tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3. Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan  hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2. Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1. Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3. Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

b. Lembar pengamatan keterampilan
Penilaian keterampilan/kinerja ilmiah
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1.
Mengagumi  makhluk hidup dan benda tak hidup   sebagai ciptaan Tuhan



2.
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)



3.
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




Rubriknya :
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
Mengagumi  ciri-ciri makhluk hidup sebagai ciptaan Tuhan
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap  ciri-ciri makhluk hidup    dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
Belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap ciri-ciri makhluk hidup
Belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap  ciri-ciri makhluk hidup atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
Menunjukkan rasa ingin tahu
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok

menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat

Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

c. Instrumen Pengetahuan
1.      Soal Uraian

1.      Dapat dibedakan menjadi berapakah sifat zat?
2.      Tulislah salah satu ciri-ciri zat padat, zat cair, dan zat gas !
3.      Tulislah satu contoh zat padat, zat cair, dan zat gas !


2.      Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor
1.
3 ( zat padat, zat cair dan zat gas )
30
2.
Zat padat : Mempunyai bentuk dan volume tetap/ Jarak antarpartikel zat padat sangat rapat/ Partikel-pertikel zat padat tidak dapat bergerak bebas
Zat cair : Mempunyai volume tertentu, tetapi tidak mempunyai bentuk yang tetap, bergantung pada media yang digunakan/ Jarak antarpartikel zat cair lebih renggang/ Partikel-pertikel zat cair dapat bergerak namun terbatas
Zat gas : Tidak mempunyai volume dan bentuk yang tertentu/ Jarak antarpartikel gas sangat renggang/ Partikel-partikel gas dapat bergerak sangat bebas
40
3
Zat padat : batu, besi, meja dll
Zat cair : air, bensn, minyak dll
Zat gas : Nitrogen, Oksigen dll
40


Rubrik penilaian uraian
No
Uraian
skor
1
Jika benar semua
100
2
Jika 2 benar
80
3
Jika 1 benar
40

Nilai  =   skor perolehan/100 x 100

0 comments:

Post a Comment