Wednesday 19 March 2014




A.           MATERI YANG DIPELAJARI HARI ITU

Pertemuan ke 13 pada hari Rabu 28 Desember 2011 merupakan pertemuan yang membahas materi tentang “Biologi Molekuler dan Bioteknologi”. Disini saya akan memaparkan materi yang dipelajari tersebut.

  1. BIOLOGI MOLEKULER

Biomolekul merupakan senyawa-senyawa organik sederhana pembentuk organisme hidup dan bersifat khas sebagai produk aktivitas biologis. Senyawa-senyawa biomolekul biasanya dikenal dalam empat bentuk: protein, asam nukleat, karbohidrat dan lipid. Keempat golongan biomolekul tersebut mempunyai sifat umum memiliki struktur yang relatif besar (berat molekul besar), dan karenanya disebut makromolekul
Biologi molekular atau biologi molekul merupakan salah satu cabang biologi yang merujuk kepada pengkajian mengenai kehidupan pada skala molekul. Ini termasuk penyelidikan tentang interaksi molekul dalam benda hidup dan kesannya, terutama tentang interaksi berbagai sistem dalam sel, termasuk interaksi DNA, RNA, dan sintesis protein, dan bagaimana interaksi tersebut diatur. Bidang ini bertumpang tindih dengan bidang biologi (dan kimia) lainnya, terutama genetika dan biokimia.
1.      Kromoson
Kromosom adalah suatu struktur makromolekul yang berisih DNA di mana informasi genetika dalam sel disimpan. Kromosom terdapat dalam nukleus setiap organisme, mengandung gen, bentuknya bermacam-macam sesuai dengan letak sentromernya, jumlahnya pada setiap makhluk hidup berbeda-beda. Pada umumnya terdapat dalam sel tubuh (diploid/2n), sedangkan pada gamet haploid (n).

2.      Dna (Deoksiribosa Nukleat Acid)
DNA terdiri atas dua utas  benang polinukleotida yang saling berpilin membentuk heliks ganda (double helix). Model struktur DNA itu pertama kali dikemukakan oleh James Watson dan Francis Crick pada tahun 1953 di Inggris. Struktur tersebut mereka buat berdasarkan hasil analisis foto difraksi sinar X pada DNA yang dibuat oleh Rosalind Franklin. Merupakan molekul yang membawa informasi genetik, terdapat dalam kromosom. Polinukleotida tersusun atas banyak nukleotida (1 gula, 1 fosfat, dan 1 basa nitrogen). Basa nitrogen penyusun DNA, yaitu basa purin: adenin, dan guanin; basa pirimidin: timin dan sitosin. Pasangan basa nitrogen selalu tetap, yaitu adenin (A) dengan timin (T), sitosin (S) dengan Guanin (G).
RNA merupakan satu rantai polinukleotida yang tersusun atas gula ribossa, fosfat, dan basa nitrogen (purin: adenin, guanin; pirimidin:sitosin, urasil), dibentuk oleh DNA. Macam-macam RNA, yaitu RNA duta (RNAd), RNA transfer (RNAt), dan RNA ribosom(RNAr).

3.      Gen
Gen adalah unit pewarisan sifat bagi organisme hidup. Bentuk fisiknya adalah urutan DNA yang menyandi suatu protein, polipeptida, atau seuntai RNA yang memiliki fungsi bagi organisme yang memilikinya.
Gen adalah suatu lokasi tertentu pada genom yang berhubungan dengan pewarisan sifat dan dapat dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator (pengendali), sasaran transkripsi, atau peran-peran fungsional lainnya. Fungsi gen sebagai berikut.
1. Mengatur pertumbuhan/perkembangan dan metabolisme individu.
2. Menyampaikan informasi genetik dari generasi ke generasi berikutnya.

Perbedaan DNA dan RNA
No.
DNA (Deoksiribo Nucleid Acid)
RNA (Ribosa Nucleid Acid)
1.
Hanya terdapat dalam kromosom (nukleus).
Selain di nukleus, juga terdapat di sitoplasma terutama di dalam ribosom.
2.
Berbentuk rantai doubel helix.
Berbentuk rantai tunggal.
3.
Kadar tetap dan fungsinya mengendalikan faktor genetis dan sintesis protein.
Kadarnya tidak tetap dan fungsinya sebagai sintesis protein.
4.
Basa nitrogen terdiri atas purin (adenin (A) dan guanin (G)) dan pirimidin (sitosin (S) dan timin (T)).
Basa nitrogennya terdiri atas purin: adenin (A) dan guanin (G) dan pirimidin: sitosin (S) dan urasil (U).
5.
Menggunakan deoksiribosa sebagai komponen gulanya.
Menggunakan ribosa sebagai komponen gulanya.
6.












 













  1. BIOTEKNOLOGI

Bioteknologi adalah penggunaan biokimia, mikrobiologi, dan rekayasa genetika secara terpadu yang memanfaatkan mikroorganisme atau bagian tubuh organisme untuk menghasilkan suatu produk dan meningkatkan nilai suatu produk atau lainnya bagi kepentingan manusia.
Biokimia mempelajari struktur kimiawi organisme. Rekayasa genetika adalah aplikasi genetik dengan mentransplantasi gen dari satu organisme ke organisme lain.

Ciri utama bioteknologi:
1.Adanya agen biologi berupa mikroorganisme, tumbuhan atau hewan.
2.Adanya pendayagunaan secara teknologi dan industri.
3. Produk yang dihasilkan adalah hasil ekstraksi dan pemurnian.

Perkembangan bioteknologi :
1.      Era bioteknologi generasi pertama adalah. Proses bioteknologi sederhana. Penggunaan mikroba masih secara tradisional, dalam produksi makanan dan tanaman serta pengawetan makanan.
Contoh:  pembuatan tempe, tape, cuka, dan lain-lain.

2.      Era bioteknologi generasi kedua. Proses berlangsung dalam keadaan tidak steril.
Contoh:
a. produksi bahan kimia: aseton, asam sitrat
b. pengolahan air limbah
c. pembuatan kompos

3.      Era bioteknologi generasi ketiga. Proses dalam kondisi steril.
Contoh: produksi antibiotik dan hormon

4.      Era bioteknologi generasi baru atau modern . Proses bioteknologi baru. Contoh: Produksi insulin, Interferon, Antibodi monoklonal, Bayi tabung, Kloning, Tanaman transgenik.
Contoh tanaman transgenik:
·         Jagung: Toleran terhadap herbisida
·         Tembakau: Resisten terhadap perubahan pigmen, perubahan respon terhadap cahaya,dll
·         Ubi Jalar: Resisten terhadap hama, penyakit jamur, virus dan nematoda
·         Gandum: Toleran terhadap herbisida, resisten terhadap penyakit jamurdan peningkatan mutu roti
·         Tomat: Pengendalian pemasakan buah
·         Strawberi: Resisten terhadap hama
·         Apel: Resisten terhadap hama dan jamur

B.           BAGIAN MATERI YANG DISENANGI

Materi yang paling saya senangi waktu materi perkuliah mengenai Biologi Molekuler dan Bioteknologi  adalah mengenai bioteknologi dimana dalam bioteknologi dapat dihasilkan tanaman dengan sifat dan produk unggul karena mengandung zat gizi yang lebih jika dibandingkan tanaman biasa, serta juga lebih tahan terhadap hama maupun tekanan lingkungan.

C.           BAGIAN MATERI YANG TERSULIT

Bagian tersulit ini merupakan materi yang saya belum mengerti yaitu :
1.      Apakah produk-produk bioteknologi aman bagi kesehatan kalau dikonsumsi secara berlebihan ?
2.      Adakah dampak negatif dari perkembangan bioteknologi ?
3.      Apakah DNA sangat berperan dalam fungsi organ-organ tubuh ?

D.           SIMPULAN

Biologi molekular membahas pemahaman dan interaksi antara berbagai sistem dari sel ,termasuk interaksi antara berbagai jenis DNA ,RNA dan biosintesis protein serta mempelajari bagaimana interaksi tersebut diatur. Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan mikroorganisme atau bagian tubuh organisme untuk menghasilkan suatu produk dan meningkatkan nilai suatu produk. Materi ini bermanfaat karena dengan mempelajari biomolekul dan bioteknologi kita akan bisa membuat sebuah produk pangan atau sebagaiannya yang bernilai tinggi.

0 comments:

Post a Comment