Wednesday 19 March 2014




A.           MATERI YANG DIPELAJARI HARI ITU

Pertemuan pada hari Rabu 30 November 2011 merupakan pertemuan yang membahas materi tentang Manusia dan Lingkungannya serta Ekologi. Disini saya akan  memaparkan materi yang dipelajari tersebut.

A.   MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA

Lingkungan  adalah  segalah sesuatu yang berada disekitar kita baik berupa benda mati maupun benda abstrak termasuk manusia lainnya,serta suasana yang terbentuk karena terjadinya interaksi-interaksi diantara  elemen-elemen di alam tersebut.
Pengelompokan-pengelompokan lingkungan :
1.      Lingkungan hidup(biotik) dan lingkungan tak hidup(abiotik).
2.      Lingkungan alamiah dan buatan manusia.
3.      Lingkungan prenatal dan postanal.
4.      Lingkungan biofisis dan psikososial.

Hubungan manusia dengan lingkungan :
1.Paham Determinisme
2.Paham Posibilisme
3.Paham Optimisme Biologi
4.Paham Keyakinan Tuhan

Ekosistem merupakan interaksi atau hubungan timbale balik antara makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya. Adapun ekosistem ada dua yakni:
a. Ekosistem Daratan (Terestrial) yaitu ekosistem yang habitatnya (lingkungannya) di darat misalnya gurun, hutan dan kebun.
b.Ekosistem Perairan (Akuatik) yaitu ekosictem yang habitatnya (lingkungannya) di dalam air misalnya sungai, kolam,danau dan lautl

Kompenen Ekosistem :
  1. Substansi abiotik
  2. Produsen (organisme autotrofik)
  3. Konsumen (organisme heterotrofik)
  4. Pengurai,perombak atau decomposer

Dampak positif dan negatif peranan manusia terhadap lingkungannya :
Dampak negatif
  1. Erosi
  2. Polusi
  3. Peningkatan CO2 yang bisa menimbulkan efek remah kaca

Dampak positif
  1. Terjadi keseimbangan dalam lingkungan dan ekosistem

Peranan manusia dalam menyeimbangkan lingkungan :
  1. Perlindungan flora dan fauna.
  2. Pengawetan tanah.
  3. Tidak mengeksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran.


B.   EKOLOGI

1.      Pengertian Ekologi
Istilah Ekologi diperkenalkan oleh Ernest Haeckel, pada pertengahan tahun 1860-an,  istilah ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu :
Oikos = Tempat Tinggal (rumah)
Logos = Ilmu, telaah
Oleh karena itu Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan sesamanya dan dengan lingkungnya.

2.      Hubungan Ekologi dengan Ilmu Lainnya
Ekologi adalah bagian dari biologi, namun sangat erat hubungannya dengan ilmu lain. Didalam kehidupan, manusia tidak hanya memperhatikan materi energi dan informasi saja, tetapi juga harus mempertimbangkan masukan-masukan lain, seperti ekonomi, teknologi, sosial, politik dan budaya. Ekologi merupakan salah satu komponen dalam pengelolaan lingkungan hidup yang harus ditinjau bersama-sama komponen lain agar keputusanannya selaras dan seimbang.
Ekologi dapat diibaratkan sebuah poros , tempat pelbagai asas dan konsep aneka ragam ilmu (sosiologi, epidemiologi, kesehatan masyarakat, geografi, ekonomi, meteorologi, hidrologi, pertanian, kehutanan, perikanan, peternakan dan sebagainya) yang terpencar dan terkhususkan dapat digabungkan kembali secara tunjang menunjang untuk mengatasi masalah yang menyangkut hubungan antara jasad hidup dengan lingkungan.

3.      Cakupan Wilayah Kerja Ekologi
Miller memberi gambaran batas wilayah kerja ekologi sebagai suatu model yang berdasarkan atas anggapan bahwa seluruh alam semesta merupakan suatu ekosistem tersusun dari kelompok-kelompok komponan yang berkaitan satu sama lain. Masing-masing kelompok merupakan suatu kesatuan dengan kelompok lainnya. Dalam cakupan wilayah kerja ekologi perlu diketahui beberapa pengertian antara lain :

1.Individu : suatu satuan struktur yang membangun suatu kehidupan dalam bentuk makhluk hidup Misal dalam sebuah kebun terdapat jambu, pisang, rumput, dsb. setiap pohon disebut individu .

2.Populasi : kumpulan individu suatu spesies makhluk hidup sama dan berada di suatu tempat dan waktu tertentu. Misal kambing di padang rumput.

3.Komunitas : kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksidan mempengaruhi satu sama lainnya.

4.Ekosistem : tingkat organisasi yang lebih tinggi dari komunitas. Pada ekosistem terdapat hubungan timbal balik antara organisme yang hidup dan lingkungan abiotiknya, yang membentuk suatu sistem yang dapat diketaui aliran energi dan siklus energinya.
Komponen ekosistem dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu :
a. Bahan tak hidup atau abiotik
b. Produsen
c. Konsumen
d. Pengurai

5.Biosfer : tingkatan organisasi biologi terbesar yang mencakup semua kehidupan dibumi dan adanya interaksi antara lingkungan fisik secara keseluruhan.

Komponen-komponen yang membentuk ekologi adalah : Lingkungan abiotik (anorganik), terdiri dari tanah, udara, sinar matahari yang merupakan medium untuk berlangsungnya kehidupan. Lingkungan biotik (organik) terdiri dari tumbuhan, binatang, manusia, yang menjadi penghuni lingkungan abiotik, dibedakan atas : Konsumen Primer, disebut Herbivora, yaitu makhluk hidup pemakan rumput atau daun-daunan, misalnya kambing, rusa dan sapi.
Konsumen Sekunder, disebut Karnivora, yaitu makhluk pemakan binatang lain, misalnya harimau dan singa. Konsumen Tersier, disebut Omnivora, adalah hewan pemakan segala bentuk makanan (tumbuhan atau binatang), misalnya manusia. Pengurai (perombak, redusen), disebut Mikrokonsumer, adalah makhluk hidup yang merombak unsur organik seperti bakteri, atau pemakan bagian yang sudah mati, misalnya cacing.

4.      Manusia Dalam Lingkungannya
Lingkungan hidup manusia terdiri dari lingkungan abiotik dan biotik, artinya lingkungan hidup manusia tidak hanya ditentukan oleh benda hidup tetapi juga oleh hal-hal yang bersifat tidak hidup disamping kebudayaan dan perilakunya.
Manusia harus berjuang menaklukkan alam dan isinya agar dapat hidup, namun perilaku manusia pula yang menyebabkan terjadinya perubahan tatanan lingkunagn, seperti :
- Macam Sumber Daya Alam yang berkurang.
- Pertambahan Penduduk.
- Pencemaran Lingkungan.

B.           BAGIAN MATERI YANG DISENANGI

Materi yang paling saya senangi waktu materi perkuliah ekologi dan hubungan manusia dengan lingkungannya adalah materi mengenai ilmu ekologi yang merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan sesamanya dan dengan lingkungnya.

C.           BAGIAN MATERI YANG TERSULIT

Bagian tersulit ini merupakan materi yang saya belum mengerti yaitu :
1.      Apa yang dimaksud dengan epidemiologi dalam ekologi ?
2.      Apa sebabnya paham-paham tersebut dapat mengkaji hubungan manusia dengan lingkungan ?

D.           SIMPULAN

Hubungan manusia dan lingkungannya merupakan perpaduan antara komponen biotik (makhluk hidup) dengan komponen abiotik (benda mati) yang saling mengadakan interaksi atau juga sering disebut ekosistem. Sedangkan Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan sesamanya dan dengan lingkungnya. Materi ini bermanfaat agar kita senantiasa menjaga kelestarian alam sekitar kita, sebab tanpa dijaga dan dilestarikan keseimbangan alam akan terganggu dan menyebabkan perubahan lingkungan seperti kepunahan flora dan fauna tertentu,pencemaran lingkungan,berkurangnya kesuburan tanah dan lain sebagaiannya.

0 comments:

Post a Comment