Tuesday 29 November 2011

 
A.                MATERI YANG DIPELAJARI HARI ITU

Pertemuan pada hari Rabu 21 September 2011 merupakan pertemuan perkuliahan pertama mata kuliah Biologi Umum. Pada Pertemuan pertama tersebut dibahas Materi Kuliah Apa Pengertian dari Kata Biologi tersebut hingga Cabang-Cabang dari Ilmu Biologi tersebut serta Sejarah Penemuan Sel. Disini akan saya memaparkan materi yang dipelajari tersebut

Biologi berasal dari kata Bios =Hidup dan Logos = Pengetahuan. Dimana kata tersebut berasal dari Bahasa Latin atau Yunani yang artinya Ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup atau kehidupan. Kedudukan Biologi di antara ilmu pengetahuan yang lain, dapat dilihat dari penggolongan ilmu pengatahuan berikut.
Pengetahuan

Ilmu Pengetahuan
Ilmu Pengetahuan Alam
(The Natural Sciences)
Ilmu Pengetahuan Sosial
(The Social Sciences)

Ilmu Alam
(The Physical Sciences)

Fisika
Kimia
Astronomi
Ilmu Bumi

Ilmu Hayat
(The Biological Sciences)

Biologi

Antropologi
Psikologi
Ekonomi
Sosiologi
Ilmu Politik

Dibagan terlihat bahwa Ilmu Pengatahuan berkembang dari Pengetahuan. Pengatahuan  adalah segala sesuatu yang kita ketahui. Pada dasarnya Ilmu Pengatahuan dapat dibagi menjadi dua golongan besar yaitu ilmu pengetahuan alam yang bidang garapannya adalah alam dengan segala isinya termasuk hewan, tumbuhan dan manusia ditinjau dari segi fisiknya dan ilmu pengeahuan sosial yang bidang garapannya tingkah laku manusia dalam bermasyarakat. Dalam perkembangan berikutnya ilmu pengetahuan alam berkembang menjadi dua yaitu ilmu alam yang bidang garapannya  adalah benda-benda tak hidup dan ilmu hayat atau biologi yang bidang garapannya adalah makhluk hidup.
Makhuk hidup merupakan objek penelitian biologi yang sangat luas. Untuk mempelajari salah satu aspek pada makhluk hidup secara lebih mendalam, akhirnya biologi berkembang menjadi beberapa cabang keilmuan antara lain : Anatomi, Morfologi, Taksonomi, Fisiologi, Sitologi, Ekologi, Parasitologi, Genetika, Mikrobiologi, Parasitologi,Etomologi, Sanitasi, Farmakologi, Pakontologi, Mikologi, Gizi, Biokimia, Etologi, Embriologi, Etnobotani.

Selain itu materi lain yang dibahas adalah tentang Bagaimana para ahli biologi bekerja ?

·        Hasrat Ingin Tahu
·        Ingin memperoleh jawaban dari masalah yang muncul dari diri atau lingkungan
·        Pendekatan Non Ilmiah
Kebenaran yang diperoleh dapat berasal dari
- Akal Sehat
- Penemuan secara kebetulan
- Penemuan coba-coba
- Pendapat para ahli
·        Pendekatan Ilmiah
Langkah-langkah metode ilmiah
1.      Perumusan Masalah
2.      Penyusunan kerangka berfikir dalam mengajukan hipotesis
3.      Perumusan hipotesis
4.      Pengujian hipotesis
5.      Penarikan Kesimpulan

Sejarah Penemuan Sel

Hampir seluruh organisme hidup tubuhnya tersusun atas sel karena sel merupakan unit dasar terkecil dari struktur dan fungsi dalam kehidupan organisme atau makhluk hidup. Sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi sama akan membentuk jaringan. Sel-sel yang menyusun tubuh makhluk hidup memiliki beberapa perbedaan.  Berikut merupakan penemu sel.
  1. Robert Hooke (1665)
Robert Hooke seorang ilmuwan Inggris pada pertengahan abad XVIII, dengan memanfaatkan mikroskop, berhasil menjadi orang pertama yang melihat adanya ruang-ruang kecil yang dibatasi dinding-dinding pada irisan jaringan tumbuhan. Ruang-ruang kecil ini dinamakan Cella (sel)
2.   Antonie van Leeuwenhoek
Menemukan organisme kecil dalam  air yang kemudian dinamakan bakteri.

Teori Sel
  1. Sel merupakan kesatuan unit struktural makhluk hidup (tiap makhluk hidup terdiri dari sel)
  2. Sel merupakan unit fungsional makhluk hidup (sel sebagai tempat terjadinya reaksi-reaksi kimia kehidupan)
  3. Sel sebagai unit pertumbuhan makhluk hidup (Omnis cellula ex cellulae)
  4. Sel sebagai unit hereditas makhluk hidup (sel merupakan unit penurunan sifat)

Sel-sel tersebut memiliki tiga struktur dasar yang sama, yaitu sebagai berikut.
a. Membran plasma, yang membatasi bagian dalam sel dengan lingkungan luar. Berfungsi, antara lain membantu mengatur transpor materi antara sel dan lingkungannya. Membran plasma merupakan lapisan rangkap lipoprotein (lemak dan protein).
b. Inti atau bahan inti berisi informasi genetik berupa DNA yang berperan dalam mengatur kegiatan sel dan dapat melakukan replikasi dalam reproduksi sel. Inti dilapisi membran inti yang susunannya sama dengan susunan membran plasma. Inti sel umumnya terletak di tengah sel.
c. Sitoplasma, di dalamnya aktif terjadi reaksi-reaksi kimia pada proses metabolisme. Sitoplasma mengandung enzim-enzim, protein, lemak, serta struktur-struktur khusus yang mempunyai fungsi tertentu yang disebut organel.

B.                BAGIAN MATERI YANG DISENANGI

Materi yang paling saya senangi waktu materi perkuliah bagian pendahuluan adalah tentang dimana letak ilmu biologi dari penggolongan ilmu pengetahuan, sebab semasih saya duduk di bangku SMP maupun SMA saya tidak difokuskan mengenai dimana letak ilmu biologi dari penggolongan ilmu pengetahuan .

C.                 BAGIAN TERSULIT

Bagian tersulit ini merupakan materi yang saya belum mengerti yaitu : Mengapa Ilmu Hayat (The Biological Sciences) tidak disatukan dengan Ilmu Alam (The Physical Sciences) ? padahal keduanya merupakan Ilmu Pengetahuan Alam yang membahas alam beserta isinya. Dan Mengapa sel pada umumnya berukuran kecil? Mengapa sel tidak dapat ditemukan sebelum Robert Hooke?

D.                SIMPULAN

Biologi merupakan salah satu dari ilmu pengetahuan alam yang banyak memiliki objek penelitian yang sangat luas, akhirnya biologi berkembang menjadi beberapa cabang keilmuan. Dan hasil-hasil penelitian dalam biologi ternyata sekarang telah banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satunya adalah penemuan vaksin, dengan menemukan vaksin maka manusia dapat menyembuhkan penyakit.

0 comments:

Post a Comment