Monday 7 April 2014



JUDUL MAKALAH

PERKEMBANGAN MINAT PADA ANAK-ANAK
DAN CARA PENGUKURANNYA

                                                          

                                                               KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmatNya  kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Perkembangan Minat pada Anak-anak dan  Cara Pengukurannya”. Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah kami ini jauh dari kesempurnaan sehingga kami butuh saran dan kritik yang bersifat membangun selalu diharapkan demi kesempurnaan makalah ini. Dan kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat.


Denpasar,  24 Mei 2012

  

Penulis

 

                                                                          BAB I 

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Perkembangan minat yang terjadi pada anak meliputi segala aspek kehidupan yang mereka sukai yang bisa membuat diri mereka baik perasaan dan tindakan merasa terpuaskan. Perkembangan minat pada anak-anak harus mampu diukur dan dipahami oleh orang-orang yang ada disekitarnya, sehingga dapat terarah dengan baik dan dapat bermanfaat untuk masa depannya.
Perkembangan minat pada anak-anak apabila tidak bisa diukur dan di asah dengan baik oleh orang-orang disekitarnya baik itu orang tua, guru, maupun lingkungan sekitarnya dan juga diri anak itu  maka akan dapat bermanfaat untuk anak tersebut bahkan bila tidak diasah dengan cara yang salah akan berakibat negatif pada perkembangan anak tersebut.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan minat anak-anak jadi dengan makalah ini dapat membantu kita mengetahui siapa-siapa saja yang dapat membantu perkembangan minat pada anak-anak,sehingga dapat terukur mulai dini dan bisa diasah menjadi sebuah bakat yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan yang lebih penting buat orang-orang yang ada disekitarnya.

B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas maka perumusan masalahnya
·         Mengetahui makna perkembangan minat pada anak-anak?
·         Mengetahui cara perkembangan minat pada anak-anak?
·         Mengetahui faktor-faktor yang bisa mengetahui perkembangan anak-anak?



BAB II 
PEMBAHASAN

A.Pengertian

Menurut John Holland, minat adalah aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, dan memberi kesenangan atau kenikmatan. Minat dapat menjadi indikator dari kekuatan seseorang di area tertentu di mana dia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukkan kinerja yang tinggi. Bakat akan sulit berkembang dengan baik apabila tidak diawali dengan adanya minat pada bidang yang akan ditekuni.

Jadi perkembangan minat anak-anak merupakan perubahan  anak-anak pada apa yang membuat perasaannya senang atau sasuatu yang membangkitkan kenikmatan pada perasaannya, jadi dengan adanya perubahan minat pada anak-anak maka akan menuntun mereka menayadari  atau potensi  yang ada dalam dirinya

Pengukuran Minat perkembangan anak-anak dapat dilakukan dengan  beberapa metode yaitu :
a.       Observasi
b.      Inverview
c.       Kuesioner
d.      Inventori
dari beberapa metode diatas perkembangan minat anak-anak dapat diketahui dan kita bisa mempelajari jenis-jenis minat bakat khusus pada anak-anak seperti :
1. Bakat akademik khusus
2. Bakat kreatif-produktif
3. Bakat seni
4. Bakat kinestetik/psikomotorik
5. Bakat sosial .
Usaha pengenalan bakat mula- mula terjadi pada bidang pekerjaan, tetapi kemudian juga dalam bidang pendidikan. Dalam prakteknya hampir semua ahli yang menyusun tes untuk mengungkap bakat bertolak dari dasar pikiran analisis faktor, seperti yang dikemukakan oleh Guilford, setiap aktifitas diperlukan berfungsinya faktor-faktor tersebut.
Dalam pendidikan  Minat & Motif Belajar perkembangan anak-anak dalam perencanaan kurikulum sering dibedakan antara tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek. Seorang yang berpendirian lebih praktis lebih mengutamakan tujuan jangka pendek, yang dapat dicapai dengan penggunaan bahan yang singkat serta metode yang sederhana. Kedua macam tujuan tersebut sama pentingnya dan diperlukan dalam pelaksanaan program. Tujuan jangka panjang merupakan tujuan akhir pendidikan ( the end of education ), penting sebab merupakan sasaran akhir, tetapi tujuan jangka pendek juga penting sebab dengan tujuan tersebut lebih konkrit, lebih mudah dicapai dan akan selalu ditemukan
C.Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan minat pada anak-anak, sehingga bisa diukur  dan disadari dan dikembangkan oleh anak tersebut:
a.       Keluarga merupakan lingkungan pertama yang memberikan pengaruh terhadap perkembangan anak-anak. Kondisi dan tata cara kehidupan keluarga merupakan lingkungan yang kondusif bagi sosialisasi anak. Proses pendidikan yang bertujuan mengembangkan bakat anak itu sendiri
b.       Kematangan psikis dan fisik untuk dapat mengembangkan minat anak-anak dengan baik diperlukan kematangan fisik dan psikis. Dapat juga dilihat dari tingkah laku anak tersebut yang mencerminkan minat dan bakat anak itu sendiri sehingga mampu mempertimbangkan potensi minat terhadap perkembangan bakatnya.
c.       Status Sosial Ekonomi perkembangan minat Kehidupan sosial banyak dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi keluarga dalam masyarakat. Apabila status sosialnya tinggi maka minat lebih mudah dikembangkan daripada status sosial yang rendah.
d.      Pendidikan. Pendidikan merupakan tempat anak-anak mensosialisasi minatnya ke tempat yang lebih terarah. Hakikat pendidikan sebagai proses pengoperasian ilmu yang normatif,  mampu membuat anak memberikan warna pada perkembangan minatnya
e.       Kapasitas Mental : Emosi dan Intelegensi
Kemampuan berfikir dapat banyak mempengaruhi banyak hal, seperti kemampuan belajar, memecahkan  masalah, dan berbahasa. Perkembangan emosi perpengaruh sekali terhadap  perkembangan minat pada anak-anak. Anak yang berkemampuan intelek tinggi akan  mampu  mengembangkan minatnya menjadi sebuah bakat yang berpotensi pada dirinya.
Jadi dari faktor-faktor disekitar perkembangan  minat pada anak-anak dapat berkembang sesuai usianya dan dapat bermanfaat bagi orang-orang disekitarnya dan  yang lebih penting bagi dirinya sendiri.

KESIMPULAN

Bakat dan minat pada anak dapat diukur melalui kematangan fisik dan psikis anak tersebut, minat dan  bakat anak mulai dapat dilihat dari pola tingkah laku anak dalam  kesehariannya. Hal ini menjadi pertimbangan  potensi minat terhadap bakatnya. Dalam  lingkungan keluargalah yang sangat perlu memperhatikan dan  mendukung  potensi bakat yang dimiliki anak, agar potensi anak tersebut dapat tersalurkan dengan baik. Jalur pendidikan adalah sebagai media pendukung bagi anak untuk mengembangkan bakatnya.

DAFTAR PUSTAKA

http//www//google//BAKAT & MINAT Kelompok 8 Sulistyo Mitarini Maya Setyo Ariyani
http://zhuldyn.wordpress.com/perkembangan-peserta-didik/perkembangan-berpikir-anak-sd/

0 comments:

Post a Comment