Thursday 10 April 2014

KARBOHIDRAT DAN RESEPTOR

KARBOHIDRAT

Karbohidrat yang terdapat dalam plasma terkait pada protein atau lipida. Karbohidrat pada membran berupa rantai pendek atau kadang-kadang sebagai rantai panjang yang berupa heksosa dan terikat pada protein perifer membentuk glikoprotein atau terikat pada protein perifer membentuk glikoprotein atau terikat pada fosfolipida lapisan luar membentuk glikolipida. Karbohidrat ini memegang peranan penting dalam kegiatan sel.

1.      Transportasi melalui Membran Plasma
Transportasi melalui membran plasma dapat terjadi dengan cara:
a.       1. Transfor pasif
Pada transfor pasif ini zat yang masuk ke dalam sel atau yang keluar dari sel akan menembus membrane plasma dengan cara difusi. Sistem seperti ini tidak memerlukan tenaga.
      2. Transfor pasif yang dipermudah
Pada sistem ini masuk keluarnya zat melalui membrane plasma secara difusi. Adanya molekul protein pembawa yang terdapat di dalam membran plasma yang memudahkan zat untuk melewati membran.

b.      Transport aktif
Dalam hal ini pengangkutan zat dari luar kedalam atau sebaliknya memerlukan tenaga.

Cara-cara transport seperti tersebut diatas menunjukkan pengangkutan molekul mikro melalui membrane plasma. Sedangkan molekul-molekul makr dapat  melalui plasma dengan cara endositosis dan eksositosis.
Dalam proses endositosis dan eksositosis molekul makroyang dimasukkan maupun yang disekresikandi dalam sitosol berada di dalam vesikuler yang terpisahkan dari molekl makro yang lain.

RESEPTOR

Membran plasma berperan penting dalam memindahkan dan meneruskan informasi dari bagian yang satu kebagian lain. Pada membrane plasma, permukaan luarnya mempunyai molekul-molekul rantai samping yang disebut penerima atau reseptor. Rantai samping tersebut sangat khas, bentuk dan susunan setiap rantai samping berbeda. Tiap reseptor mampu menyatu dengan molekul pengikat ( ligand) yang memiliki bentuk dan susunan sesuai dengan reseptor.

Sebelum sel memiliki beberapa jenis reseptor. Beberapa jenis sel mempunyai reseptor yang berbeda-beda. Pada membran plasma terjadi penerusan informasi sebagai salah satu peran dari membran plasma. Mekanisme penerusan informasi dapat dilihat pada gambar berikut.

0 comments:

Post a Comment