Wednesday 9 April 2014

GAGAL GINJAL


Gagal ginjal kronik (chronic renal failure) adalah kerusakan ginjal progresif dan irreversible dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit (Smeltzer, 2001) yang berakibat fatal dan ditandai dengan uremia (urea dan limbah nitrogen lainnya yang beredar dalam darah serta komplikasinya, jika tidak dilakukan dialisis atau transplantasi ginjal). Penyakit ini termasuk penyakit renal tahap akhir (End Stadium Renal Disease) (DR. Nursalam, 2006).

Gagal ginjal kronik adalah kerusakan pada ginjal yang terus berlangsung dan tidak dapat diperbaiki. Ini disebabkan oleh sejumlah kondisi dan akan menimbulkan gangguan multisistem. (J.Reeves, 2001)

Dari beberapa pengertian diatas penulis menyimpulkan bahwa gagal ginjal kronik adalah gangguan fungsi renal yang irreversible dan berlangsung lambat dengan penurunan bertahap pada fungsi ginjal dan peningkatan bertahap dalam gejala-gejala, sehingga ginjal tidak mampu mempertahankan metabolisme tubuh dan keseimbangan cairan dan elektrolit dan menyebabkan uremia.

0 comments:

Post a Comment