RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP )
A.
Identitas
Nama Sekolah : SMA Saraswati
Mata Pelajaran :
Anatomi Fisiologi Manusia
Kelas/Semester :
XII/2
Program Studi : IPA
Jumlah Pertemuan :
45 Menit
A.
Standar
Kompetensi : Memahami Proses-Proses yang
Terjadi di Sistem Urinaria
B.
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi Proses Pembentukan Urine, Mekanisme
Pengenceran Urin, Pemekatan Urine dan Pengasaman Urin dan Mekanisme Buffer Bagi
Pengendalian pH Cairan Tubuh.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1.
Menjelaskan
pengertian proses
pembentukan urine, mekanisme pengenceran urin, pemekatan urine dan
pengasaman urin dan mekanisme buffer bagi pengendalian ph cairan tubuh.
2.
Mendiskripsikan proses
pembentukan urine, mekanisme pengenceran urin, pemekatan urine dan
pengasaman urin dan mekanisme buffer bagi pengendalian pH cairan tubuh.
3.
Menyimpulkan proses
pembentukan urine, mekanisme pengenceran urin, pemekatan urine dan
pengasaman urin dan mekanisme buffer bagi pengendalian ph cairan tubuh.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi siswa dapat menjelaskan materi pembelajaran.
2.
Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendiskripsikan materi
pembelajaran.
3.
Setelah
berdiskusi siswa dapat menyimpulkan materi pembelajaran.
E.
Materi ajar/Materi pembelajaran
1.
Proses
pembentukan urine
Penyaringan ( Filtrasi ), Penyerapan
Kembali ( Reabsorbsi ), Pengeluaran Zat (Augmentasi).
2.
Mekanisme
pengenceran, perekatan urine dan pengasaman urin
3.
Mekanisme
buffer bagi pengendalian ph cairan tubuh
F.
Alokasi waktu
45
menit
G.
Metode Pembelajaran
Materi Proses
Pembentukan Urine, Mekanisme
Pengenceran Dan Perekatan Urine dan Mekanisme Buffer Bagi Pengendalian Ph Cairan Tubuh menggunakan
metode TPS (Think, Pair,
Share)
H.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengadakan absensi siswa dan apersepsi
·
Guru menjelaskan SK dan KD
|
·
Siswa menjawab salam
·
Siswa mengucapkan kehadiran
·
Siswa mendengarkan
|
·
1 menit
·
3 menit
·
5 menit
|
B.
Inti
|
|
|
|
|
·
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
|
·
Siswa membentuk kelompok
|
·
2 menit
|
|
·
Guru membagi pokok materi pada masing-masing kelompok
·
Guru meminta siswa membagi materi diri sendiri-sendiri setaip kelompok
·
Guru meminta siswa kembali berdiskusi tentang materi
|
·
Siswa menyimak materi
·
Siswa membagi
materi
·
Siswa berdiskusi
|
·
3 menit
·
5 menit
·
5 menit
|
|
·
Guru mempersilahkan setiap kelompok untuk memaparkan hasil diskusi
kelompok
|
·
Siswa memaparkan hasil diskusi kelompok di depan kelas
|
·
10 menit
|
C.
Penutup
|
·
Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah disampaikan
·
Menyampaikan materi yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya
·
Guru mengucapkan salam penutup
|
·
Siswa mendengarkan
·
Siswa
mendengarkan
·
Siswa mengucapkan
salam penutup
|
·
5 menit
·
3 menit
·
1 menit
|
I. Penilaian hasil pelajar ( soal dan jawaban )
1.
Teknik : Tes lisan
2.
Bentuk
: Penugasan (lisan dan tulis)
J.
Sumber
belajar (Meliputi alat dan bahan,serta refrensi).
·
Buku
yang digunakan sudah disahkan oleh pihak berwenang ( judul buku Anatomi dan
Fisiologi Manusia )
·
Buku
yang digunakan sudah disahkan oleh pihak berwenang (judul buku Fisiologi
Manusia )
Denpasar, 17
Januari 2014
Guru Model
(Agus
Permadi )
0 comments:
Post a Comment