Sunday 6 April 2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
A.    Identitas         
Nama Sekolah             : SMA Saraswati
Mata Pelajaran            : Anatomi Fisiologi Manusia
Kelas/Semester            : XII/2
Program Studi              : IPA
Jumlah Pertemuan        : 45 Menit
A.    Standar Kompetensi     : Memahami Proses-Proses yang Terjadi di Sistem Urinaria
B.     Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi Proses Pembentukan  Urine,  Mekanisme Pengenceran Urin, Pemekatan Urine dan Pengasaman Urin dan Mekanisme Buffer Bagi Pengendalian pH Cairan Tubuh.
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.      Menjelaskan pengertian proses pembentukan  urine, mekanisme pengenceran urin, pemekatan urine dan pengasaman urin dan mekanisme buffer bagi pengendalian ph cairan tubuh.
2.      Mendiskripsikan proses pembentukan  urine, mekanisme pengenceran urin, pemekatan urine dan pengasaman urin dan mekanisme buffer bagi pengendalian pH cairan tubuh.
3.      Menyimpulkan proses pembentukan  urine, mekanisme pengenceran urin, pemekatan urine dan pengasaman urin dan mekanisme buffer bagi pengendalian ph cairan tubuh.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melakukan pengamatan dan diskusi siswa dapat menjelaskan materi pembelajaran.
2.      Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendiskripsikan materi pembelajaran.
3.      Setelah berdiskusi siswa dapat menyimpulkan materi pembelajaran.
E.     Materi ajar/Materi pembelajaran
1.         Proses pembentukan  urine
Penyaringan ( Filtrasi ), Penyerapan Kembali ( Reabsorbsi ), Pengeluaran Zat (Augmentasi).

2.         Mekanisme pengenceran, perekatan urine dan pengasaman urin
3.         Mekanisme buffer bagi pengendalian ph cairan tubuh
F.      Alokasi waktu
45 menit
G.    Metode Pembelajaran
Materi Proses Pembentukan  Urine, Mekanisme Pengenceran Dan Perekatan Urine dan Mekanisme Buffer Bagi Pengendalian Ph Cairan Tubuh menggunakan metode TPS (Think, Pair, Share)
H.    Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
A.    Pendahuluan
·         Guru  mengucapkan salam
·         Guru mengadakan absensi siswa dan apersepsi
·         Guru menjelaskan SK dan KD

·         Siswa menjawab salam
·         Siswa mengucapkan kehadiran
·         Siswa mendengarkan
·         1 menit


·         3 menit

·         5 menit
B.     Inti




·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok

·         Siswa membentuk kelompok

·         2 menit

·         Guru membagi pokok materi pada masing-masing kelompok
·         Guru meminta siswa membagi materi diri sendiri-sendiri setaip kelompok
·         Guru meminta siswa kembali berdiskusi tentang materi
·         Siswa menyimak materi
·         Siswa membagi materi


·         Siswa berdiskusi
·         3 menit


·         5 menit

·         5 menit



·         Guru mempersilahkan setiap kelompok untuk memaparkan hasil diskusi kelompok
·         Siswa memaparkan hasil diskusi kelompok di depan kelas
·         10 menit
C.     Penutup
·         Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah disampaikan
·         Menyampaikan materi yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya
·         Guru mengucapkan salam penutup
·         Siswa mendengarkan



·         Siswa mendengarkan


·         Siswa mengucapkan salam penutup
·         5 menit


·         3 menit

·         1 menit

I.       Penilaian hasil pelajar ( soal dan jawaban )
1.      Teknik       : Tes lisan
2.      Bentuk      : Penugasan (lisan dan tulis)
J.       Sumber belajar (Meliputi alat dan bahan,serta refrensi).
·         Buku yang digunakan sudah disahkan oleh pihak berwenang ( judul buku Anatomi dan Fisiologi Manusia )
·         Buku yang digunakan sudah disahkan oleh pihak berwenang (judul buku Fisiologi Manusia )


Denpasar, 17 Januari 2014
         Guru Model


                     (Agus Permadi )

0 comments:

Post a Comment