Sunday 6 April 2014


Bird vocalization ( Kicauan Burung )

Kicauan burung meliputi panggilan burung dan nyanyian burung. Dalam penggunaan, nyanyian burung adalah suara burung yang merdu yang sampai ke telinga manusia.

A.    Definisi Pembeda

Banyak ahli burung membedakan suara burung menjadi dua, yaitu suara nyanyian dan suara panggilan. Acuan pembedanya itu :
a.Berdasarkan nada,
b.Panjang dan pendeknya suara serta
c.Variasi suara.

1.      Nyanyian Burung :
Nyanyian burung berkaitan dengan berkembang biak. (mencari pasangan dan kawin). Nyanyian burung lebih lama dan lebih indah jika didengar. Nyanyian burung biasanya disuarakan saat burung bertengger, meskipun beberapa spesies bisa bernyanyi ketika terbang.

2.      Panggilan Burung :
Suara panggilan berkaitan dengan aktifitas mempertahankan diri. Suara panggilan merupakan suara yang sederhana dan pendek, biasanya tek tek, chir chir, twet twet, cit cit cit, dan lain lain. Suara pendek ini dipergunakan untuk memberi peringatan kepada rekan-rekannnya jika ada predator yang mendekat.
Beberapa jenis burung yang hidup di daerah empat musim dan melakukan migrasi secara berkelompok, menggunakan suara panggilan untuk mengkoordinasi kelompoknya selama perjalanan migrasi yang panjang.
Burung yang sedang bersarang, panggilan dari anaknya akan memandunya untuk kembali ke sarang. Setelah mencari makanan anaknya, induk akan mengikuti suara burung muda di sarang sehingga tidak kesasar. Selama bersarang, terutama saat mengerami, jenis suara panggilan juga digunakan kedua induk untuk menandai pergantian waktu antara mengerami dan mencari makan.


B.     Anatomi dan Fisiologi

Pada umumnya suara burung berasal dari suatu organ suara yang disebut syrinx Syrinx memiliki sepasang membran yang akan bergetar dan mengeluarkan suara ketika udara dari paru-paru melewatinya. Nada atau intonasi suara yang dihasilkan dikontrol oleh otot syrinx. Burung yang memiliki lebih banyak otot pada organ suara akan lebih banyak mengeluarkan suara yang bervariasi. Berikut merupakan gambar organ syrinx :


         Nyanyian burung berevolusi melalui seleksi seksual , dan eksperimen menunjukkan bahwa kualitas nyanyian burung dapat menjadi indikator kebugaran burung tsb
  Percobaan juga menunjukkan bahwa parasit dan penyakit secara langsung dapat mempengaruhi karakteristik kicauan seperti tingkat nyanyian 
Kekhasan panggilan burung telah digunakan secara luas untuk identifikasi suatu spesies.
  

0 comments:

Post a Comment